Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Liga 1 2022-2023

PSSI Beri Hukuman Pada 12 Wasit Bermasalah di Liga 1

Wasit Liga 1
Komite Wasit PSSI mengistirahatkan 12 orang wasit di Liga 1 yang dinilai bermasalah. (facebook.com/briliga1fansbase/photos)

MURIANEWS, Jakarta – Komite Wasit PSSI akhirnya menjatuhkan hukuman untuk 12 orang wasit di Liga 1. Mereka dinilai melakukan kesalahan saat memimpin beberapa pertandingan di pekan awal Liga 1 lalu.

Keputusan itu dijatuhkan Komite Wasit PSSI setelah melakukan kajian dan telaah secara mendatail terhadap kejadian-kejadian yang dilaporkan. Mereka dievaluasi setelah Liga 1 berjalan selama tiga pekan terakhir.

Dari hasil telaah dan kajian terhadap mereka, Komite Wasit PSSI memutuskan untuk mengistirahatkan mereka di pekan ke-4 Liga 1. Pertandingan pekan ke-4 Liga 1 sendiri akan dimulai pada Jumaat (12/8/2022) ini.

Komite Wasit PSSI mendapatkan laporan mengenai kejadian-kejadian di 27 pertandingan yang telah digelar sampai pekan ke-3 Liga 1. Sejumlah insiden dalam pertandingan dilaporkan karena kepemimpinan wasit yang tidak akurat dalam mengambil keputusan.

“PSSI mengistirahatkan 5 wasit, 3 asisten wasit, dan 4 Additional Assistant Referee (AAR) atau asisten wasit tambahan yang berada di sisi kiri gawang selama 2-3 bulan. Ini dilakukan sebagai bentuk hukuman sekaligus untuk introspeksi diri agar bisa kompeten saat kembali memimpin kompetisi Liga 1,” demikian pernyataan resmi PSSI dilansir dari laman resmi mereka.

BACA JUGA: Jadwal Pekan ke-4 Liga 1, PSIS Bertandang ke Kandang Persib

Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh menyatakan, pihaknya sangat serius dalam memperhatikan masalah kualitas wasit. Sebagai bagian dari peningkatan kualitas wasit, PSSI akan terus mengevaluasi kinerja mereka.

Jika memang dalam evaluasi yang dilakukan terhadap kinerja wasit memang dipastikan ada ketidakberesan, maka tidakan akan dilakukan. Entah itu diistirahatkan atau tindakan yang lebih berat lainnya.

“PSSI terus berkomitmen untuk membenahi wasit, baik itu wasit di Liga 1, 2, dan 3. Kami juga terus melakukan evaluasi dan pengawasan selama mereka memimpin,” kata Riyadh.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: PSSI

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.