Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

WHO Puji Pelaksanaan Posyandu di Jepara

WHO Puji Pelaksanaan Posyandu di Jepara
Pelaksanaan BIAN di Posyandu Harapan Bakti VI, di RT 1/RW 3 Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Jepara. (Jatengprov.go.id)

MURIANEWS, Jepara – Konsultan Internasional Badan Kesehatan Dunia/ World Health Organization (WHO) Chandrakant Moghe memuji pelaksanaan pos pelayanan terpadu (Posyandu) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Pujian itu disampaikan saat mengunjungi Posyandu Harapan Bakti VI, di RT 1/RW 3 Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Rabu (10/8/2022).

Kedatangan Chandrakant sendiri dilakukan untuk mengobservasi pelaksanaan vaksinasi atau imunisasi. Ia mendorong agar pemberian imunisasi berjalan dengan baik.

Baca: WHO Pelototi Pelaksanaan Imunisasi di Grobogan

This is well organized Posyandu. You can see it’s just like a festival here, and the partisipation from the local community is good. (Posyandu di sini terorganisasi dengan baik. Terlihat sangat meriah bak festival, dan partisipasi dari masyarakat lokal sangat bagus),” tandas Chandrakant seperti dikutip laman resmi Pemprov Jateng, Kamis (11/8/2022).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, dr Eko Cahyo Puspeno mengatakan, kunjungan WHO didampingi Dinkes Jawa Tengah, merupakan sebuah kehormatan.

Menurutnya, WHO memang ingin meninjau pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Suwawal. Mereka meninjau mulai dari penggerakan sarasan, sampai penerapan prokes, dan teknik pelaksanaan vaksinasi atau imunisasi.

”Sangat diperhatikan kesesuaiannya dengan prosedur yang ditetapkan WHO, termasuk pengelolaan limbah, pencatatan, dan pelaporan,” ungkapnya.

”Tinggal nanti dimaksimalkan peningkatan capaiannya, termasuk menjaga kualitas vaksinasi itu sendiri,” tambahnya.

Dia mengapresiasi semua stakeholder dan lintas sektor di Suwawal, yang selalu kompak mendukung program-progam kesehatan.

”Harapan kami, ini menjadi contoh bagi yang lain, supaya BIAN dan program kesehatan lain bisa berjalan sukses,” tandasnya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.