Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Rutin Donor Darah Sampai 50 Kali Lebih, 60 Warga Pati Diganjar Penghargaan

Rutin Donor Darah Sampai 50 Kali Lebih, 60 Warga Pati Diganjar Penghargaan | MURIANEWS
Ketua PMI Kabupaten Pati Haryanto menyerahkan penghargaan pada salah satu pendonor yang mendonorkan darahnya 50 kali..(Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Kegiatan donor darah selain bermanfaat bagi kesehatan diri, juga bisa menyelamatkan orang lain yang membutuhkan.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati pun memberikan penghargaan bagi mereka yang rutin mendonorkan darahnya.

Tercatat, total ada 60 pendonor yang mendapatkan penghargaan itu. Rinciannya, 42 orang pendonor mendapat penghargaan karena sudah mendonorkan darah sebanyak 50 kali. Mereka ini mendapatkan penghargaan dari Bupati setempat.

Kemudian, sebelas orang telah mendonorkan darah sebanyak 75 kali. Mereka nantinya mendapat penghargaan dari Gubernur.

Terakhir, tujuh pendonor sudah 100 kali mendonorkan darahnya. Khusus tujuh orang ini nantinya mendapat penghargaan langsung dari Presiden RI.

Namun, lantaran masih masa pandemi, penghargaan bagi ketujuh pendonor itu urung dilakukan.

Baca: 1.070 Pendonor Darah di Jateng Terima Penghargaan dari Ganjar

Mereka pun diundang hadir di Pendapa Kabupaten Pati untuk mendapatkan apresiasi atas jasanya, Kamis (11/8/2022).

”Terima kasih bapak dan ibu semua sudah menyelamatkan nyawa orang banyak. Oleh karena itu, saya mewakili keluarga besar PMI mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya,” ujar Ketua PMI Kabupaten Pati Haryanto yang juga menjabat sebagai Bupati Pati ini.

Haryanto menilai, para pendonor itu mendonorkan darahnya dengan tulus. Serta tidak memiliki motif untuk mendapat penghargaan ataupun lencana. Maka dari itu, pihaknya mencoba mengapresiasi ketulusan ini.

”Pemerintah memberikan empati kepada yang sudah sering donor. Karena setetes darah bisa menghidupi jiwa seseorang. Niat baik tulus dan ikhlas, benar-benar di dorong kemauan dan keinginan meringkan beban sesama,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) PMI Pati Joko Mardianto berpesan kepada para pendonor yang sudah seratus kali untuk tidak berhenti.

”Karena, nantinya akan ada penghargaan tersendiri bagi pendonor. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi momentum silahturahim antara pendonor dan pengurus PMI Kabupaten Pati,” pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.