Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sembilan Kios Pasar Putatsari Grobogan Disegel, Ada Apa?

Sembilan Kios Pasar Putatsari Grobogan Disegel, Ada Apa?
Kios di pasar Putatsari, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan disegel setelah pemiliknya menolak bayar sewa, Kamis (11/8/2022). (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Grobogan – Sebanyak sembilan kios Pasar Desa Putatsari, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah disegel pemerintah desa setempat, Kamis (11/8/2022).

Penyegelan terpaksa dilakukan karena pemilik kios tidak bersedia membayar sewa sebesar Rp 4 juta per tahun. Padahal, pedagang lainnya sepakat membayar uang sewa sesuai dalam peraturan desa.

Kades Putatsari, Suwarno mengatakan, besaran sewa tersebut telah disesuaikan dengan besaran rata-rata sewa di sekitar pasar.

”Rata-rata harga sewa kios di kawasan pasar sebesar Rp 5 juta, bahkan ada yang lebih. Maka, kami tetapkan di bawahnya, agar tidak memberatkan pedagang,” ungkap dia.

Baca: Karaoke Berkedok Warung di Terminal Purwodadi, Disegel Dulu Dibongkar Kemudian

Sebelum penyegelan itu, pihaknya sudah berkali-kali mencoba melakukan mediasi. Namun, sembilan pemilik kios tersebut tak pernah datang.

Suwarno memaparkan, kesembilan pedagang itu tak bersedia membayar sewa kios karena merasa sudah berdagang di sana selama bertahun-tahun.

Sebelum pasar dibangun ulang pada 2021 kemarin, mereka hanya membayar uang kebersihan sebesar Rp 2000 bahkan ada yang Rp 500 setiap pasaran (penanggalan Jawa).

”Awalnya kios kan hanya 12 unit. Setelah dibangun ulang pada 2021, jumlah kiosnya menjadi 24 unit. Setelah dibangun itu kami bikin Perdes, kemudian ditetapkan uang sewa Rp 4 juta itu yang nantinya masuk PADesa (pendapatan asli desa),” paparnya.

Kades menambahkan, pihaknya bakal melakukan pengosongan sembilan kios itu di bulan ini. Kemudian, pada September 2022 nanti dilakukan lelang.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.