Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

222 Napi Lapas Pati Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan

222 Napi Lapas Pati Diusulkan Dapat Remisi Kemerdekaan

Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas II B Kabupaten Pati. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 222 narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Pati diusulkan mendapatkan remisi kemerdekaan.

Diketahui, remisi kemerdekaan diberikan setiap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus. Itu diungkapkan Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Pati, Topan Ahmad Hadian.

Ia mengatakan napi-napi ini diusulkan lantaran sudah memenuhi syarat administrasi maupun syarat substantif.

”Ada 222 orang yang sudah memenuhi syarat administrasi dan substantif. Syarat administratif ini seperti sudah inkrah. Substantif seperti berkelakuan baik. Sudah kita usulkan 222 orang napi untuk remisi umum 17 Agustus 2022,” ujar Topan, Kamis (11/8/2022).

Baca: Sambangi Lapas Pati, Wamenkumham Cicip Roti Bikinan Napi

Dari jumlah itu, 217 orang merupakan napi laki-laki, dan lima di antaranya napi perempuan. Jumlah remisi yang diajukan bagi warga binaan terbilang variatif.

Rinciannya, 35 orang diajukan mendapat remisi sebanyak 1 bulan masa tahanan, 35 orang diajukan mendapatkan pengurangan masa tahanan selama 2 bulan.

”Kemudian 78 orang diajukan mendapatkan remisi selama 3 bulan, 27 orang diajukan remisi 4 bulan,  31 diajukan mendapat 5 bulan, dan 31 orang diajukan mendapat remisi 6 bulan,” terangnya.

Meskipun baru usulan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), pihaknya yakin semua napi yang disusulkan mendapat remisi pada 17 Agustus. Surat keputusan remisi biasanya keluar pada H-1 atau H-2 Hari Kemerdekaan Indonesia.

”Biasanya 100 persen diterima. Karena syaratnya sudah terpenuhi. Yang menyaring memang kita di bawah ini. Ini tidak dipunut biaya. Untuk napi yang berkelakuan baik,” kata Topan.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.