Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Dikerjakan Tahun Ini, Revitalisasi Alun-Alun Lama Kudus Dianggar Rp 800 Juta

Alun-alun lama Kabupaten Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, akan merevitalisasi Alun-alun Kudus yang lama akhir tahun ini. Anggaran senilai Rp 800 juta pun tengah disiapkan untuk proyek tersebut.

Alun-alun lama sendiri, kini beralih fungsi menjadi Taman Menara Kudus dan menjadi tempat mangkal para ojek motor.

”Kami anggarkan di perubahan ini, ada Rp 800 juta kalau tidak salah,” kata Bupati Kudus HM Hartopo usai sidang paripurna Penandatanganan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), Kamis (11/8/2022).

Untuk arah  pembangunannya, Hartopo menyebut akan membangunkan taman-taman kecil di pinggir-pinggir dan akan menyesuaikan konstruksi bangunan yang sudah ada.

Baca: Alun-Alun Lama Kudus Bakal Dihidupkan Lagi

”Menyesuaikan dari taman menara itu sendiri, ya nanti lihatlah bagaimana,” imbuhnya.

Ketika alun-alun tersebut jadi dibangun, Hartopo berharap kawasan tersebut bisa menjadi kawasan budaya. Di mana setiap sebulan sekali akan ada kesenian yang bisa tampil di sana.

”Akan kami upayakan untuk bisa terelalisasi, sehingga para pelaku seni punya wadah untuk menunjukkan kreatifitasnya,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu pemerhati sejarah Kabupaten Kudus Agus Susanto menuturkan, pusat peradaban Kudus sendiri berawal dari Menara Kudus. Di mana landasanya adalah sebuah prasasti yang ada di area tersebut.

”Asal muasal Kudus adalah berasal dari Menara, di mana terdapat sebuah tulisan prasasti yang terjemahannya adalah Syekh Jafar Shodiq membangun masjid dan negri Kudus, jadi memang dulu alun-alun lama itu adalah salah satu pusat peradabannya,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.