Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jatim

Pengibaran Bendera Merah Putih di Gunung Raung Ditiadakan

Pengibaran Bendera Merah Putih di Gunung Raung Ditiadakan
Gunung Raung (Kompas.com)

MURIANEWS, Banyuwangi – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Gunung raung akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, pada tahun ini tidak ada acara pengibaran bendera di puncak sejati Gunung Raung.

Hal ini lantaran Gunung Api tersebut tengah berstatus waspada level II. Sehingga pengibaran bendera dipuncak akan beresiko.

Kepala Pos PGA Raung, Mukijo mengatakan, pengibaran bendera di puncak sejati, biasanya dilakukan oleh para pendaki untuk memperingati Kemerdekaan RI. Namun, karena statusnya waspada level II, pendakian tidak diperbolehkan.

”Untuk itu pendakian juga tidak diperkenankan dilakukan. Termasuk itu (pengibaran bendera merah putih saat HUT ke 77 RI),” katanya, dikutip dari Kompas.com, Kamis (11/8/2022).

Baca: Pendaki Wajib Tahu, Ini 4 Gunung Tertinggi di Indonesia

Kebijakan itu diambil untuk meminimalkan hal-hal yang tak diinginkan. Apalagi, status waspada Gunung Raung belum dicabut.

”Rekomendasi masih sama, karena status masih waspada,” ujarnya.

Sebelumnya, PVMBG, Badan Geologi Kementerian ESDM mengeluarkan surat bernomor 380.Lap/GL.05/BGL/2022, tertanggal 29 Juli 2022.

Surat yang ditandatangani oleh Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono itu, tertuang rekomendasi terkait dengan antisipasi erupsi Gunung Raung.

Baca: Kenali Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis, Waspada jika Sudah Muncul Tanda Ini

Surat resmi yang diumumkan oleh Kepala Pos PGA Raung Mukijo itu, juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius tiga kilometer

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.