Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gus Gudfan Ditunjuk sebagai Plt Bendahara Umum PBNU Pengganti Mardani Maming

Gus Gudfan Ditunjuk sebagai Plt Bendahara Umum PBNU Pengganti Mardani Maming

Foto: Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta (liputan6.com)

MURIANEWS, Kudus – Posisi bendahara umum (Bendum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akhirnya sudah terisi. Ini setelah pihak PBNU menunjuk H Gudfan Arif Ghofur (Gus Gudfan) sebagai pelaksana tugas (Plt) bendahara umum (Bendum) PBNU, pengganti Mardani H Maming.

”Gus Gufdan ini ditunjuk sebagai Plt pengganti Maming,” kata Ketua PBNU KH Ahmad Fahrurozi (Gus Fahrur) di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta, Rabu (10/8/2022), seperti dilansir dari NU Online, Kamis (11/8/2022).

Gus Fahrur menuturkan, penggantian ini belum diputuskan secara resmi lantaran menunggu hasil keputusan pengadilan yang pasti. ”Ya, Plt. Karena kan masih menunggu keputusan hukum yang tetap,” tuturnya.

Baca juga: Jadi DPO, Mardani Maming Resmi Buronan KPK

Sebelumnya, PBNU secara resmi telah menonaktifkan Mardani sebagai Bendahara Umum PBNU. Status penonaktifan itu sendiri seiring dengan keputusan peradilan pada Rabu (27/7/2022).

”Sejak keluar keputusan pengadilan (praperadilan), dia otomatis non aktif untuk fokus kepada penyelesaian kasus hukumnya,” katanya.

Pernyataan lainnya juga disampaikan H Amin Said Husni, Ketua PBNU lainnya. Ia mengatakan, kasus yang ditimpa Mardani tidak ada kaitannya sama sekali dengan jabatan dia yang pernah menjabat sebagai Bendahara Umum PBNU.

Amin mengatakan, dugaan kasus suap dan gratifikasi kepada Mardani terjadi ketika dirinya menjabat sebagai Bupati Tanah Bambu, Kalimantan Selatan. Selain itu, Amin juga menyampaikan bahwa PBNU menegaskan untuk menjunjung tinggi kewenangan KPK.

”Penetapan Mardani sebagai tersangka merupakan kewenangan KPK. PBNU menghormati proses hukum sesuai dengan ketetapan yang berlaku,” tandasnya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: nu.or.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.