Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Tempat Main Mountain Bike Terbaik di Indonesia, Bisa Olahraga sambil Berwisata

Ini Tempat Main Mountain Bike Terbaik di Indonesia, Bisa Olahraga sambil Berwisata
Foto: Ilustrasi mountain bike (Adrián Gómez – Millán Díaz dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Aktivitas mountain bike saat ini punya banyak peminatnya dan sedang jadi tren. Selain menyenangkan, kegiatan ini punya dua manfaat sekaligus, yakni olahraga sekaligus menjelajah tempat wisata di sepanjang rute yang dilalui.

Melansir dari laman Kemenparekraf, tren olahraga sambil menjelajahi destinasi wisata memiliki peluang besar dalam menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Salah satu alasan mountain bike banyak diminati karena dikenal menantang namun menyenangkan.

Pasalnya, kita harus menaklukan rintangan yang sangat memacu adrenalin. Namun menariknya, tak hanya trek yang menantang, banyak tempat mountain bike di Indonesia juga menawarkan pemandangan alam yang indah.

Baca juga: Ini Destinasi Wisata yang Cocok untuk Touring Sepeda Motor

Berikut pilihan tempat terbaik untuk main mountain bike di Indonesia:

Cihuni (Tangerang)

Bagi Sobat Parekraf yang tinggal di daerah Tangerang dan sekitarnya, ada satu tempat mountain bike di Indonesia yang menarik dikunjungi, yaitu trek Cihuni. Setiap trek bersepeda di Cihuni memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Contoh, trek Cihuni Hill Park 1 yang terletak di sebuah bukit di Desa Cijantra atau familier dikenal dengan Gunung Batu. Meski jalurnya tergolong tidak terlalu panjang, namun bersepeda di Cihuni cukup menguras energi, karena treknya berliku dan penuh tanjakan serta turunan bersambung.

Tapi, jangan khawatir. Sebab, udara sejuk dan pemandangan indah dapat menyegarkan tubuh sekaligus menghilangkan rasa lelah secara langsung.

Cisaruni (Garut)

Berlokasi di Garut, Jawa Barat, trek Cisaruni menjadi salah satu trek mountain bike terbaik di Indonesia karena menyuguhkan keindahan pemandangan alam khas perkebunan teh yang menyegarkan mata. Meski terlihat menenangkan, namun faktanya, trek Cisaruni terkenal menantang dan memacu adrenalin.

Pastikan Anda memiliki banyak pasokan energi saat menjajal trek ini, karena jarak tempuh trek mountain bike di Cisaruni mencapai lebih dari 30 kilometer. Ditambah lagi, trek Cisaruni dikenal memiliki medan yang unik karena terdapat berbagai variasi tanjakan dan turunan yang menantang.

Cikole (Bandung)

Tempat terbaik untuk mountain bike di Indonesia berikutnya adalah Cikole. Berlokasi di daerah Lembang, Bandung, Jawa Barat, trek Cikole masih sering menjadi incaran para pecinta sepeda gunung karena memiliki jalur yang menantang.

Trek Cikole memiliki dua jalur sepeda favorit. Pertama adalah trek Downhill Mountain (DM) yang dilengkapi berbagai rintangan. Kedua, trek “All Mountain (AM)” yang didominasi tanah dan bebatuan kecil sepanjang 16,5 kilometer.

Membentang di sekitar Gunung Tangkuban Perahu dan melewati area hutan pinus Cikole, trek mountain bike di Cikole sudah pernah digunakan pada ajang PON 2015 dan menjadi trek Teras CAF  1st Series 2021 pada tanggal 2-3 Oktober lalu.

Wonogondang (Yogyakarta)

Pilihan tempat terbaik untuk mountain bike di Indonesia berikutnya adalah Wonogondang, Yogyakarta. Terletak di kawasan lereng Gunung Merapi, Wonogondang terkenal dengan trek mountain bike yang unik karena sebagian terbentuk dari proses alami.

Dikenal menantang dan memiliki pemandangan indah, trek Wonogondang sudah sering digunakan sebagai venue kejuaraan nasional maupun internasional. Salah satunya sebagai tempat kejuaraan ASEAN MTB Cup Seri II 2015.

Sidomukti (Semarang)

Satu lagi tempat main mountain bike di Indonesia yang tidak kalah menantang adalah Sidomukti, Semarang, Jawa Tengah. Walaupun panjang lintasan hanya sekitar 1,5 kilometer, namun lintasan mountain bike Sidomukti termasuk trek dengan obstacle yang sangat menantang.

Beberapa trek yang menantang dan bisa memacu adrenalin berupa jembatan, speed jump, rock garden, double jump, dan banyak lagi. Saking menantangnya, trek Sidomukti sudah pernah menjadi venue Kejuaraan Nasional 76 Indonesian Downhill 2016.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenparekraf.go.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.