Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kwarcab Pati Kirim 16 Pramuka Penggalang di Jambore Nasional 2022

Kwarcab Pati Kirim 16 Pramuka Penggalang di Jambore Nasional 2022
Pengukuhan dan Pelepasan Peserta Jambore Nasional-XI Kontingen Kwarcab Kabupaten Pati 2022 di Pendapa Kabupaten Pati, Rabu (10/9/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Pati mengirimkan 16 anggota pramuka penggalang (tingkatan pramuka di SMP) untuk mengikuti Jambore Nasional 2022.

Agenda ini digelar di Cibubur, Caracas, Jakarta Timur, pada 14 hingga 21 Agustus 2022 nanti.

Pengukuhan dan pelepasan Peserta Jambore Nasional-XI Kontingen Kwarcab Kabupaten Pati 2022 di Pendapa Kabupaten Pati, Rabu (10/9/2022) itu dipimpin Bupati Pati Haryanto.

Ketua Kwarcab Pati Sugiyono mengatakan, di ajang itu nanti para siswa akan berkompetisi dengan sejumlah kota se-Indonesia. Mereka bersaing dengan 514 kwarcab dari kabupaten/kota.

”Ada 16 siswa. Jadi kita hari ini ada pelepasan Jambore Nasional, kontingen Pati. Alhamdulillah tanggal 4 Agustus kemarin sudah dapat restu dari Pak Gubernur. Dan, pada hari ini pelepasan oleh pihak Kabupaten,” ujar Sugiyono.

Baca: Ini Penyebab Kebakaran Warung di Ngembalrejo Kudus, Ternyata…

Para peserta sebelumnya sudah mendapat pelatihan khusus. Baik dari pendidikan mental, kesehatan, kebersamaan, guyub, empati dan kemampuan lain. Dengan bekal itu, Sugiyono optimis kontingen Pati dapat bersaing dengan baik di sana.

”Mereka tentunya akan bertemu, bergembira dan berkompetisi di sana, se-Indonesia. Mudah-mudahan memberikan hasil yang terbaik untuk Kabupaten Pati,” terangnya.

Ia optimis Kontingen Kabupaten Pati ini membanggakan nama daerah. Pasalnya, mental para siswa tersebut sudah terlatih dengan baik. Hal ini terbukti dengan keaktifan para kontingen tersebut di tingkat provinsi.

”Kemarin kami tunjukan di Jawa Tengah, bahwa adik-adik ini begitu ada perintah Pak Gubernur siapa yang berani maju mereka sudah siap maju,” tutur dia.

”Ini bukti mental adik-adik ini sudah baik, bahwa Pati bisa bersaing dengan kabupaten lain. Minimal membawa nama baik kabupaten pati,” tambahnya.

Ungkapan senada disampaikan Bupati Pati Haryanto. Ia berharap para anak ini mampu bersaing dengan kontingen dari kabupaten/kota lainnya.

”Saya mendoakan putra-putri daerah. Dalam Jambore nanti semoga diberikan sehat, kekuatan dan mental yang kuat. Kalau perlu mendapatkan prestasi,” harap Haryanto.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.