Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Peringati 155 Tahun Perjalanan Kereta Api, PT KAI Daop IV Napak Tilas Semarang-Tanggung

Peringati 155 Tahun Perjalanan Kereta Api, PT KAI Daop IV Napak Tilas Semarang-Tanggung
Keteta api dengan lokomotif livery vintage tiba di Stasiun Tanggung, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, dalam peringatan 155 tahun perjalanan kereta Indonesia, Rabu (10/8/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Hari ini, (10/8/2022) diperingati sebagai hari perjalanan kereta api pertama di Indonesia. Tahun ini, merupakan peringatan yang ke 155.

Untuk memperingati itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) IV Semarang melakukan napak tilas jalur rel dari Stasiun Semarang Tawang hingga Stasiun Tanggung, Tanggungharjo, Grobogan dengan kereta api.

Napak tilas tersebut diikuti 180 peserta yang terdiri dari komunitas pecinta kereta api, komunitas sejarah, Sesepuh Desa Tanggungharjo Grobogan, serta jajaran internal KAI dan para pensiunan KA.

Baca: WHO Pelototi Pelaksanaan Imunisasi di Grobogan

Kepala PT KAI Daop IV Semarang Wisnu Pramudyo menyampaikan, peringatan ini dapat dijadikan momen untuk mengingat jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah membangun rel kereta api di Indonesia.

”Kita sebagai generasi penerus insan kereta api, harus bersyukur transportasi kereta api di Indonesia hingga saat ini terus mengalami kemajuan. Diharapkan nantinya, angkutan kereta api dapat terus meningkat dari tahun ke tahun dan menjadi tulang punggung transportasi nasional,” jelasnya.

Peringatan Perjalanan Kereta Api yang digelar kali pertama ini diisi dengan berbagai rangkaian acara. Antara lain joyride atau perjalanan Semarang Tawang-Tanggung pulang pergi menggunakan lokomotif livery vintage.

Kemudian Seminar Sejarah Perkeretaapian Indonesia dengan narasumber dari Sejarahwan Kota Semarang Tjahjono Rahardjo, tumpengan, dan Pesta Kostum era tahun 1800-an yang dikenakan oleh setiap peserta yang mengikuti kegiatan.

Pada perjalanan napak tilas ini akan melewati empat stasiun yang merupakan empat stasiun tertua di Indonesia. Yakni Stasiun Tawang Semarang, Stasiun Alastua, Stasiun Brumbung, dan berakhir di Stasiun Tanggung di Tanggungharjo, Grobogan.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.