Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ada Peran Orang Tua Bharada E Dibalik Terbongkarnya Kasus Brigadir J

Ada Peran Orang Tua Bharada E Dibalik Terbongkarnya Kasus Brigadir J
Bharada E tersangka kasus pembunuhan Brigadir J (CNNIndonensia.com)

MURIANEWS, Jakarta – Pengakuan Bharada E yang kemudian menjadikan kasus penembakan Brigadir J semakin terang, rupanya ada peran orang tua dibaliknya. Bahkan peran orang tua Bharada E ini sangat besar, lantaran telah membujuk anaknya untuk mengungkapkan kebenaran.

Hal ini diakui oleh Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Agung Budi Maryoto. Dia mengaku telah mendatangkan orang tua Bharada E dalam proses penyidikan.

”Timsus menyampaikan kepada dia kasih orang tuanya didatangkan,” ujar Agug, dikutip dari Kompas.com, Rabu (10/8/2022).

Baca: Kapolri: Ferdy Sambo Perintahkan Bharada E Tembak Brigadir J

Menurut Agug, cara itu dilakukan penyidik Timsus supaya orang tua Bharada E mempengaruhi dan membujuk anaknya untuk menceritakan kejadian yang sebenarnya.

Apalagi pasal yang disangkakan kepada Bharada E memiliki ancaman pidana tertinggi yakni hukuman mati.

Kemudian, olah orang tuanya, Bharada E diminta untuk tidak menanggung kasus itu sendirian. Sehingga Bharada E kemudian membuka hati dan mengungkap semua orang yang terlibat dalam peristiwa penembakan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo itu.

”Sehingga dia secara sadar membuat pengakuan,” tuturnya.

Baca: Pengacara: Bharada E Mendapatkan Tekanan dari Atasan untuk Menembak

Dalam proses pengakuan ini, Bharada E juga memutuskan ingin menyampaikan pengakuannya sendiri tanpa pertanyaan dari penyidik.

”Yang bersangkutan pada saat dilaksanakan pemeriksaan mendalam ingin menyampaikan Unek-unek. Dia ingin menulis sendiri. ‘Tidak usah ditanya, Pak. Saya menulis sendiri’,” kata Agung.

Bharada E, kata Agung, kemudian menulis pengakuan terkait kejadian yang dia alami di TKP pada 8 Juli 2022 lalu. Setelah itu surat pengakuannya dilengkapi dengan cap jempol dan materai.

Baca: Pengacara Bharada E Mundur, IPW: Rekayasa Kasus Makin Jelas

Setelah itu, kata Agung, dari hasil pemeriksaan terhadap Bharada E diketahui ada unsur perbuatan pidana. Oleh karena itu Bharada E dilimpahkan ke Bareskrim untuk disidik lebih lanjut.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.