Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mahfud Md Sebut Motif Penembakan Brigadir J Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa

Mahfud Md Sebut Motif Penembakan Brigadir J Hanya Boleh Didengar Orang Dewasa
Mahfud Md saat konferensi pers (Tangkapan layar)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyebut motif penembakan terhadap Brigadir J mungkin hanya boleh didengar oleh orang dewasa. Sebab, ini adalah kasus sensitif.

”Karena itu sensitif, mungkin hanya boleh didengar oleh orang-orang dewasa,” ungkap Mahfud Md dalam konferensi pers, Selasa (9/8/2022) malam kemarin.

Namun, pihaknya menyerahkan konstruksi hukum dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J itu kepada polisi dan kejaksaan.

Baca: Mahfud Md Minta Kasus Brigadir J Dikawal Hingga Persidangan 

”Yang penting sekarang telurnya sudah pecah dulu, itu yang kita apresiasi dari Polri. Soal motif, itu biar dikonstruksi hukumnya,” imbuh Mahfud.

Mahfud mengakui bahwa pengungkapan kasus pembunuhan Brigadir J sulit dan membutuhkan waktu karena adanya kelompok-kelompok di internal Polri.

Menurut dia, pengungkapan kasus yang dilakukan oleh tim khusus Polri tak ubahnya menangani orang hamil yang sulit melahirkan sehingga butuh tindakan operasi yang membutuhkan waktu dan kehati-hatian lebih.

”Pengungkapan kasus barangkali merupakan hal yang mudah jika kasus ini bukan menyangkut hal yang terjadi di tubuh Polri dan melibatkan pejabat tinggi Polri,” terangnya.

Baca: Update Terbaru dari Mahfud Md Soal Penangkapan Irjen Ferdy Sambo

Mahfud bercerita, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang seorang purnawirawan polisi pernah menyampaikan kepadanya bahwa polisi sanggup memecahkan kasus yang jauh lebih sulit dibandingkan ini sekalipun jejak pelakunya dianggap hilang.

”Kalau kayak gini tuh polsek saja bisa, tapi kalau tidak ada (faktor) psiko herarkis dan psiko politis itu. Itu bisa, polsek itu,” ujar Mahfud.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.