Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Sejarah Hymne dan Mars Pramuka berikut Liriknya

Ini Sejarah Hymne dan Mars Pramuka berikut Liriknya
Foto: Logo Gerakan Pramuka (pramuka.or.id)

MURIANEWS, Kudus – Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.

Melansir dari laman pramuka.or.id, Gerakan Pramuka memiliki lambang berupa Tunas Kelapa, sebagaimana yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 48 dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Bab VII PAsal 120. Aapun Penjabaran lambang ini ditetapkan dalam SK Kwarnas Nomor 06/KN/72 tentang Lambang Pramuka.

Baca juga: Pencipta Lambang Pramuka Tunas Kelapa Ternyata Orang Kelahiran Blora, Ini Sosoknya

Selain itu, Gerakan Pramuka juga memiliki hymne dan mars. Hymne Pramuka diciptakan oleh seorang tokoh utama kepanduan sekaligus komponis musik lagu-lagu perjuangan, yaitu Husein Mutahar. Berikut liriknya:

Kami pramuka indonesia

Manusia pancasila

Satyaku kudharmakan

Dharmaku kubaktikan

Agar jaya Indonesia

Indonesia tanah airku

Kami jadi pandu mu

Sedangkan Mars Jayalah Pramuka diciptakan oleh seorang tokoh utama kepanduan sekaligus komponis musik lagu-lagu perjuangan, yaitu H Munatsir Amin. Berikut liriknya:

Gerakan Pramuka Praja Muda Karana

Sebagai wahana kaum muda suka berkarya

Kader pembangunan sebagai perekat bangsa

Disiplin berani dan setia berakhlak mulia

Bersatu padu menyongsong masa depan yang gemilang

Satu pramuka untuk satu Indonesia

Melangkah maju menuju masyarakat yang sentosa

Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia

 

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: pramuka.or.id

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.