Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bulan Sura, Peziarah Makam Mbah Mutamakkin Kejen Pati Meningkat

Bulan Sura Peziarah Makam Mbah Mutamakkin Kejen Pati Meningkat

Para peziarah Makam Mbah Mutamakkin Kejen Pati. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Peziarah Makam Mbah Mutamakkin Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati meningkat di bulan Sura ini. Ribuan peziarah silih berganti mengunjungi makam ulama terkemuka ini.

Bendahara Yayasan Makam Mbah Mutamakkin Kajen, Muhammad Sabiq menuturkan ada ratusan peziarah setiap harinya sebelum bulan Sura. Saat bulan Sura ini, pengunjung naik berkali lipat hingga mencapai puluhan ribu.

Animo peziarah ini meningkat saat peringatan Haul Mbah Mutamakkin Kajen atau tanggal 10 Sura. Para peziarah itu datang dari berbagai daerah.

Baca: Suka Duka Petugas Keamanan saat Ribuan Peziarah Penuhi Makam Sunan Kudus

Peningkatan mulai tanggal 1 Sura dan diprediksi hingga pertengahan bulan Sura jumlah peziarah terus bertambah. Pada malam 10 Sura saja jumlah peziarah mencapai 15 ribuan.

”Karena jumlah undangan saja mencapai 6 ribu zahirin. Dan saat Manakib penutup kemarin ada 3000-an Manakib yang diberikan kepada umum,” turut lelaki yang akrab disapa Gus Sabiq ini, Selasa (9/8/2022).

”Di sini ada 60-an pondok pesantren. Haul Mbah Mutamakkin Kajen ini juga ada reunian di setiap pendok pesantren. Selain itu, orang tua santri juga banyak yang kesini berziarah sekaligus mengunjungi putra-putrinya. Jadi jumlah total (di bulan Sura ini) bisa mencapai puluhan ribu,” lanjut dia.

”Kemungkinan sampai pertengahan bulan masih ramai. Karena berbarengan dengan adanya Haul Mbah Sunan Muria Kudus yang digelar 15 Sura nanti. Jadi para peziarah sekalian wisata religi ke berbagai tempat,” tambah dia.

Diketahui, peringatan Haul Mbah Mutamakkin Kajen kali ini digelar secara terbuka setelah pandemi Covid-19 melandai. Berbagai acara digelar untuk memeriahkan haul. Seperti kirab budaya atau karnaval, lomba-lomba hingga pengajian.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.