Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Rencana Jalan Lingkar Selatan Grobogan Segera Diwujudkan

Rencana Jalan Lingkar Selatan Grobogan Segera Diwujudkan
Jalan di samping gudang Bulog, Desa Krangganharjo, Grobogan, Jawa Tengah dipilih sebagai jalur lingkar selatan Purwodadi. (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Rencana pembangunan Jalan Lingkar Selatan Grobogan segera direalisasikan. Tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED) segera dilakukan 2024 nanti.

”Tahun 2024 nanti diusulkan pembuatan DED-nya. Anggarannya (penyusunan DED) Rp 750 juta,” tutur Wahyu Tri Darmanto, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Grobogan, Senin (8/8/2022).

Menurut Wahyu, setelah ada DED, nantinya baru bisa dikira-kira anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan lingkar selatan tersebut.

”Anggaran pembangunan akan muncul kalau DED sudah berjalan. Kalau belum jadi DED-nya, belum tahu anggarannya,” imbuhnya.

Baca: Kecelakaan PCX Vs Grand Max di Grobogan, Dua Orang Dilarikan ke RS

Ada tiga skenario yang disiapkan untuk Jalan Lingkar Selatan Grobogan. Pertama, dari perempatan Danyang Purwodadi tembus Kuripan Purwodadi.

Kedua, dari Gudang Bulog Depok Toroh menuju Desa Pulorejo Purwodadi. Terakhir, dari Desa Sindurejo Toroh ke Desa Pulorejo Purwodadi.

Wahyu memaparkan, prosesnya masih akan memakan waktu cukup lama. Sebab, nantinya butuh pembebasan lahan untuk jalur tersebut.

”Masih panjang. Karena masih ada proses pembebasan lahan dan sebagainya,” paparnya.

Untuk diketahui, saat ini Purwodadi sudah memiliki jalan lingkar utara. Adanya jalur tersebut dinilai cukup efektif untuk memecah arus lalu lintas di wilayah kota.

Kini, jalan lingkar selatan dibutuhkan, selain untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di perkotaan yang bakal semakin padat, juga untuk pengembangan kota.

Pembangunan jalan lingkar selatan sendiri sudah masuk RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Grobogan.

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.