Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Rangkaian Haul Mbah Mutamakkin Pati Kembali Digelar Meriah

Rangkaian Haul Mbah Mutamakkin Pati Kembali Digelar Meriah | MURIANEWS
Salah satu penampilan peserta Karnaval Budaya memperingati Haul Mbah Mutamakkin Kajen. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Acara Haul Syekh Ahmad Mutamakkin kembali digelar meriah, Senin (8/8/2022). Ini merupakan kali pertama setelah dua tahun sebelumnya digelar dengan sederhana.

Berbagai acara digelar di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, untuk memperingati wafatnya ulama terkemuka Kabupaten Pati ini. Mulai dari pengajian yang dihadiri Gus Baha pada Minggu (7/8/2022) hingga karnaval budaya yang digelar pada Senin (8/8/2022) siang.

Puluhan ribu warga Kabupaten Pati maupun luar Kabupaten Pati berbondong-bondong ke Desa Kajen. Mereka rela menunggu di pinggir jalan untuk melihat karnaval yang diikuti puluhan lembaga pendidikan dan pemuda desa setempat.

Baca: Kisah Mbah Mutamakkin Kajen Pati: Dua Anjing Pernah Keluar dari Tubuhnya

Karnaval itu diikuti Lembaga Pendidikan Islam di desa itu maupun daerah lain serta warga setempat. Setidaknya ada 29 peserta yang mengikuti karnaval ini.

”Peserta karnaval banyak ada sekitar 29 peserta. Dari 13 RT yang memeriahkan dan embaga Lembaga Pendidikan Islam seperti Cordova, Al-Hikmah, Syalafiah, Matholiul Falah dan banyak lagi. Ada juga peserta dari Kendal dan Sarang (Rembang),” ujar Sekretaris Panitia Haul Mbah Mutamakkin Kajen 2022, Abdul Karim.

Para peserta ini menampilkan berbagai kesenian mulai dari drum band, fashion show jalanan hingga pentas musik. Mereka berkeliling Desa Kajen mulai pukul 13.00 WIB hingga menjelang magrib.

Baca: Mbah Mutamakkin Kajen Pati Menolak Tahta Demi Ilmu

Selain karnaval, Haul Mbah Mutamakkin Kajen 2022 ini juga dimeriahkan berbagai acara lainnya. Seperti lomba ibu-ibu PKK, senam sehat, panjat pinang, pentas kesenian atau hiburan, pertandingan voli hingga lomba selawat.

”Pada 2022 ini memang digelar secara terbuka setelah pandemi Covid-19 mereda. Ini digelar terbuka untuk umum seperti tahun-tahun sebelum pandemi. Tapi ini lebih meriah. Banyak peserta dan antusiasme masyarakat,” kata lelaki yang juga salah satu perangkat Desa Kajen ini.

Selain acara-acara itu, ada juga acara syakral di Haul Mbah Mutamakkin Kajen. Seperti pengajian, khataman Al-Quran, Buka Selambu atau Buka Luwur dan manakib sebagai penutup.

Diketahui, Haul Mbah Mutamakkin Kajen digelar setiap menjelang tanggal 10 Sura. Haul ini untuk mengenang keteladanan Mbah Mutamakkin Kajen dalam berdakwah dan menyebarkan Islam.

”Untuk karnaval biasanya karnaval digelar tanggal 9 Sura. Tetapi saat ini 10 Sura. Karena tanggal 9 Sura padat. Maka digeser ke 10 Sura,” pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.