Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Massa Geruduk DPRD Kudus, Tuntut Empat Dewan Dicopot

Perwakilan massa saat bertemu dengan Ketua DPRD Kudus Masan. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Seratusan orang yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat Kudus menggeruduk Gedung DPRD Kudus, Jawa Tengah, Senin (8/8/2022). Mereka, menuntut empat anggota dewan dari Fraksi Gerindra yang sebelumnya dilaporkan melanggar kode etik segera diproses dan dicopot.

Empat anggota Fraksi Gerindra tersebut adalah Sulistyo Utomo, Sandung Hidayat, Abdul Basith Sidqul Wafa dan Zainal Arifin.

Mereka dilaporkan karena diduga melanggar tata tertib DPRD dalam bentuk tidak hadir saat rapat paripurna dan atau rapat DPRD lain selama enam kali berturut-turut.

Edi Gogon, salah satu orator dalam demo itu mendesak Badan Kehormatan DPRD Kudus untuk segera menjatuhkan sanksi kepada empat anggota dewa tersebut. Selambat-lambatnya, putusan harus diambil dalam pekan ini.

”Kami malu dengan tindakan anggota dewan tersebut. Dan kami selaku rakyat, mencabut mandat kami kepada empat anggota dewan tersebut,” ujarnya.

Baca: Empat Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kudus Dilaporkan ke BK

Tak sampai di situ, Edi juga meminta Badan Kehormatan DPRD Kudus untuk mencopot keanggotaan mereka dari DPRD Kudus. Alasannya, adalah karena melanggar aturan perundangan yang ada.

”Kami sangat mendukung Badan Kehormatan mengusut pelaporan ini. Marwah kewibaan anggota dewan harus dijaga dan kami menolak diwakili anggota dewan yang kerap mangkir dalam tugasnya,” pungkas dia.

Ketua DPRD Kudus Masan yang menemui perwakilan audiensi menegaskan jika DPRD melalui Badan Kehormatan sudah menindaklanjuti aduan masyarakat atas dugaan pelanggaran kode itu.

Badan Kehormatan juga sudah beberapa kali menggelar sidang. Hanya memang dibutuhkan waktu untuk mendatangkan tim ahli untuk kajian hukum.

”Saya berjanji apapun hasil rekomendasi dari Badan Kehormatan nanti, akan saya tindaklanjuti,” tegas Masan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.