Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jabar

Golkar Jabar Usulkan Airlangga Hartanto Jadi Capres dari KIB di Pilpres 2024

Menko Perekonomian Airlanggar Hartarto. (YouTube/Sekretariat Kabinet)

MURIANEWS, Bandung – DPD Golkar Jawa Barat (Jabar) mengusulkan Airlangga Hartanto untuk menjadi calon presiden (Capres) dari Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB di Pilpres 2024.

KIB sendiri merupakan koalisi tiga partai besar di Indonesia, yakni Partai Golkar, PAN, dan PPP. Ketiganya mendeklarasikan diri membentuk koalisi pada Sabtu, 4 Juni 2022lalu.

Koalisi ini diklaim untuk mengakhiri politik identitas yang selalu terjadi di pemilu di Indonesia. Karenanya, mereka memutuskan untuk membentuk suasana kebersamaan dan politik persatuan untuk 2024 nanti.

Ketua DPD Golkar Jabar Ace Hasan Syadzily mengatakan, pemilihan Airlangga sebagai Capres di Pilpres 2024 mendatang merupakan keputusan musyawarah Partai Golkar tahun 2019 lalu. Sehingga, pihaknya akan mati-matian memperjuangkan Airlangga jadi capres yang diusung KIB.

Baca: Eks Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Ramaikan Pilgub Banten, Begini Kata Pengamat

”Partai Golkar tentu mengusulkan Pak Airlangga sebagai calon Presiden. Hal ini sesuai dengan kebijakan musyawarah Partai Golkar tahun 2019. Karena itu, kami tetap mengusung Pak Airlangga sebagai capres dari KIB,” katanya seperti dikutip detikJabar, Senin (8/8/2022).

Kendati demikian, Ace menyatakan hingga saat ini KIB belum memunculkan nama figur-figur yang akan dijadikan capres-cawapres. Menurut dia, KIB saat ini tengah fokus membahas visi misi KIB.

”Sebagaimana dikatakan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa dalam Koalisi Indonesia Bersatu ini ada berbagai macam chapternya, nah chapter yang sekarang adalah bagaimana visi misi yang akan dibangun oleh KIB. Tentu kalau figur capres cawapres itu nanti di menjelang kesimpulan,” terangnya.

Bila nantinya Airlangga menjadi capres yang diusung KIB, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Airlangga soal sosok pendampingnya atau cawapres. Sejauh ini, ada dua nama yang muncul ke permukaan lantaran dinilai cocok untuk menjadi cawapres Airlangga. Keduanya yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

”Soal cawapres, tentu itu harus dibicarakan dan kami menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Airlangga untuk menetapkan siapa calon wakil presiden yang paling tepat mendampingi beliau. Yang jelas bahwa secara elektoral harus memiliki akar yang kuat sehingga bisa menambah elektabilitas Pak Airlangga Hartarto begitu,” tutur dia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: DetikJabar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.