Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Penyuntikan Vaksin PMK Dosis Kedua di Jepara Dimulai

Penyuntikan Vaksin PMK Dosis Kedua di Jepara Dimulai | MURIANEWS
Penyuntikan vaksin PMK pada ternak di Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Penyuntikan vaksin PMK atau penyakit mulut dan kuku pada ternak dosis kedua di Kabupaten Jepara mulai dilakukan. Kali pertama dilakukan di Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Jepara.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada DKPP Jepara, Mudhofir mengatakan, vaksinasi PMK dosis kedua mulai dilaksanakan selama tiga hari terakhir.

”Dulu dosis pertama kami lakukan di Desa Bucu. Sekarang dosis kedua juga dimulai dari sana,” kata Mudhofir, Sabtu (6/8/2022).

Mudhofir menjelaskan, sekitar 350 ekor ternak berhasil mengikuti vaksinasi PMK dosis kedua. Di Desa Bucu sendiri, ada seratus ekor sapi yang sudah tervaksin PMK dosis kedua.

Dijelaskan, vaksinasi PMK dosis kedua ini dikebut. Setidaknya, setiap hari petugas bisa menyuntik seratus ekor ternak di sejumlah titik.

Baca: Pembukaan Pasar Hewan di Jepara Tunggu Arahan Satgas PMK

Terkait stok vaksin, Mudhofir menyebut kini pihaknya memiliki persediaan sebanyak 3000 dosis. Sebenarnya, Jepara dijatah lima ribu dosis vaksin PMK untuk dosis kedua.

Namun, karena alasan teknis, Mudhofir tak berani mengambil dan menyimpan terlalu banyak vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

”Kami tahu, di Jepara kan, sering listrik padam. Saya tak berani kalau ambil banyak-banyak. Takutnya nanti rusak atau kedaluwarsa,” ungkap Mudhofir.

Mudhofir menambahkan, vaksinasi akan terus digencarkan. Supaya virus PMK di Jepara segera bisa dikendalikan.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...