Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pelukis Asal Malang Ajak Lestarikan Lingkungan Lewat Pijar Mural Fest

Lukisan mural buatan M Nasir yang berfilosofi mengajak masyarakat untuk turut melestarikan alam. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Pijar Mural Festival 2022 tak hanya diikuti warga Kabupaten Kudus, Jawa Tengah saja. Bahkan, ada peserta yang berasalkan dari Batu, Malang, Provinsi Jawa Timur yang turut menggoreskan tinta-tinta cantik di kawasan Pijar Park Kudus.

Pelukis tersebut, bernama M Nasir (53) yang melakukan perjalanan dengan menggunakan bus untuk sampai ke kawasan Wisata Pijar Park, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Di Pijar Mural Festival 2022 itu, Nasir membuat lukisan aliran semi realis. Terlihat lukisan dalam goresan tinta yang dibuatnya terdapat gunung, hutan belantara hingga sebuah pohon besar yang akarnya tergenggam oleh telapak tangan.

Ternyata, lukisan yang dibuatnya itu memiliki arti yang dalam. Melalui lukisan tersebut Nasir, menuangkan pesan untuk mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan alam.

Pada gambar telapak tangan yang menggenggam sebuah akar pohon besar tesirat pesan bahwa kelestarian lingkungan ada di tangan manusia.

”Filosofi lukisan yang saya buat merupakan ajakan untuk melestarikan dan melindungi alam,” katanya, Sabtu (6/8/2022).

Baca: Festival Mural Digelar di Pijar Park Kudus

Menurutnya, kerusakan alam yang terjadi selama ini lantaran dampak dari keserakahan manusia. Oleh karenanya, lukisan yang dibuatnya digunakan sebagai kampanye ajakan lestarikan alam dan lingkungan sekitar.

”Jangan malah ditebangi, digergaji. Karena di alam juga terdapat ekosistem yang hidup di dalamnya. Mari jaga dan lestarikan alam yang disekitar kita,” ucap pria yang juga sebagai pengiat lingkungan tersebut.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...