Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Festival Mural Digelar di Pijar Park Kudus

Peserta Pijar Mural Festival 2022 adu keterampilan. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Belasan pelukis mural dari berbagai daerah berlomba melukis di media tembok di lereng Gunung Muria, atau tepatnya di kawasan Pijar Park, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022).

Hadirnya mereka, otomatis akan mempercantik sepanjang jalan di kawasan lereng Gunung Muria yang kerap dilalui wisatawan.

Mereka berkompetisi dalam Pijar Mural Festival 2022 yang digelar pengelola Pijar Park, bekerja sama dengan Mahasiswa KKN IAIN Kudus dan UIN Walisongo Semarang.

Dari pantauan Murianews, para pelukis terlihat menggoreskan berbagai warna tinta di media tembok yang berada di tepi Jalan Kudus-Colo atau di kawasan UMKM teras wisata Pijar Park.

Mereka diberi waktu tiga jam untuk menyelesaikan karya mural dengan aliran yang bervariasi.

Ketua Panitia Pijar Mural Festival 2022, Muhammad Antono mengatakan, festival mural kali ini menjadi festival yang pertama kalinya digelar. Mural dipilihnya untuk memberikan wadah para pelukis untuk mengaplikasikan karya seninya.

”Ada 17 peserta yang ikut serta, ada yang dari Kudus, Jepara, Jogja, Batu Malang, Banjarmasin, Magelang hingga Jakarta,” katanya.

Mural festival juga dipilih lantaran untuk menambah daya tarik wisata di kawasan lereng Gunung Muria, terkhusus di Pijar Park.

Selain, itu space dinding kosong yang ada di teras UMKM Pijar Park juga akan terlihat lebih cantik dan akan menarik pengunjung untuk datang ke stan UMKM ketika telah resmi dibuka nanti.

”Lokasi food court UMKM yang diperuntukkan untuk mural fest ini nanti akan kami sajikan dengan UMKM sekitar yang menjajakkan sejumlah kuliner khas lereng Gunung Muria, seperti getuk kajar, hingga kopi lokal,” jelasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...