Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Disdukcapil Jepara Serahkan E-KTP Warga Tempur

Disdukcapil Jepara Serahkan E-KTP Warga Tempur
Abdul Syukur, Kepala Disdukcapil Jepara menyerahkan data kependudukan kepada warga Desa Tempur. (Murianews/Disdukcapil Jepara)

MURIANEWS, Jepara – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara E-KTP milik warga Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara.

Penyerahan itu merupakan lanjutan dari layanan jemput bola yang rutin dilakukan Disdukcapil Kabupaten Jepara. Total ada 46 E-KTP milik warga desa tertinggi di Jepara itu yang diserahkan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Jepara, Abdul Syukur menyampaikan, layanan jemput bola tersebut sebelumnya dilaksanakan pada 26 Juli 2022 lalu. Sekitar sepuluh hari kemudian, E-KTP itu sudah jadi dan diantarkan langsung.

”Semua sudah jadi. Rinciannya, 41 hasil perekaman E-KTP baru dan lima penggantian E-KTP. Sudah kami serahkan langsung ke warga Desa Tempur,” kata Syukur kepada Murianews (5/8/2022).

Baca: River Tubing Tempur Jepara, Wisata Adrenalin yang Layak Dicoba

Syukur mengatakan, layanan jemput bola ini merupakan kegiatan rutin tahunan dimana petugas Disdukcapil mendatangi dari desa ke desa. Tujuannya untuk memberikan layanan bagi warga yang tidak bisa mengakses layanan secara online.

”Jadi fokus kami dalam layanan jemput bola adalah warga lansia, penyandang disabilitas, serta orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ). Mereka semua tidak dapat menjangkau pelayanan daring sehingga harus kita datangi. Kurang lebih ada 100 desa yang kita datangi secara bergilir setiap tahun,” ujar Syukur.

Dalam waktu dekat, lanjut Syukur, pihaknya juga memberikan layanan tatap muka di event Mangunsarkoro Street atau event kuliner yang digelar setiap Minggu pagi di Jalan Mangunsarkoro, Panggang, Jepara.

Terkait layanan apa saja yang akan diberikan di even tersebut, pihaknya mengaku baru memformulasikan dengan jajarannya.

”Bisa jadi layanan Kartu Identitas Anak (KIA) dan cetak E-KTP rusak atau hilang yang pemrosesannya cukup sederhana,” imbuh Abdul Syukur.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...