Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Luwur Baru Makam Sunan Kudus Mulai Dibuat dan Dipasang

Sejumlah perewang tengah membuat luwur baru Makam Sunan Kudus di seputaran tajuk Menara Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Luwur atau kelambu putih baru penghias komplek Makam Sunan Kudus, Jawa Tengah, mulai dibuat dan dipasang. Proses pemasangan, akan berlangsung hingga 8 Agustus 2022 mendatang.

Sebelumnya, Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YMKSK) mencopot luwur lama dan menggantinya dengan luwur-luwur baru yang dibuat sendiri. Ada sejumlah motif dalam pembuatan luwur tersebut.

Mulai dari motif melati, unthuk banyu, kompol, wiru, ranjam, tenger, kemul, dan langitan. Masing-masing luwur tersebut ditempatkan di tempat yang berbeda.

Seperti motif langitan yang dipasang di atas cungkup dan di luar cungkup makam serta motif unthuk banyu yang berada di luar mengitari makam.

”Jadi tiap motif kain punya penempatannya sendiri-sendiri. Kami masih meneruskan dari yang terdahulu, sehingga warisan budayanya selalu terjaga,”  ucap Humas Panitia Tradisi Buka Luwur Makam Sunan Kudus Muhammad Kharis, Sabtu (6/8/2022).

Baca: Kirab Buka Luwur Sunan Kudus, 64 Perwakilan Punden dan Belik Ambil Bagian

Dia menyampaikan, motif luwur ini mulai dibuat oleh 34 orang yang sebelumnya telah diajarkan para pembuat motif terdahulu. Pembuatannya berlokasi di Tajuk di seputaran area Makam Sunan Kudus.

”Mulai kemarin dikerjakan, hari ini ada yang sebagian langsung dipasang,” sambung dia.

Untuk luwur yang lama, kata dia, akan dibagikan ke sejumlah tokoh masyarakat dan warga sekitar komplek masjid. Kain dari Makam Sunan Kudus ini dipercaya mempunyai berkah tersendiri.

Sebagai informasi, luwur Makam Sunan Kudus dilepas pada 1 Muharram. Atau jika dalam kalender masehi jatuh di Sabtu (30/7/2022) akhir pekan lalu.

Kegiatan tersebut diawali dengan melakukan ziarah ke Makam Sunan Kudus. Lantunan tahlil dan doa-doa kemudian dipanjatkan tepat sebelum prosesi pelepasan luwur dimulai.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...