Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Bahan Alami yang Bisa Dipakai buat Pengharum Kabin Mobil

Ini Bahan Alami yang Bisa Dipakai buat Pengharum Kabin Mobil
Foto: Ilustrasi (Nadezhda Riabowa dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Selain mesin, kondisi di dalam mobil atau kabin yang bersih dan harum juga bisa membikin nyaman berkendara. Para penumpang menjadi betah jika kondisi mobil harum.

Untuk membikin harum, pemilik mobil biasanya menempatkan pewangi. Namun, sebaiknya jangan asal taruh pewangi di dalam mobil.

Soalnya, jika salah pilih pewangi kabin, selain membuat tidak nyaman dan berisiko terhadap kesehatan tubuh, serta merusak AC mobil. Nah, sebagai alternatif, pemilik mobil bisa mengatasinya dengan menggunakan pengharum alami.

Baca juga: Ini Cara Menghilangkan Bau AC Mobil dengan Mudah yang Perlu Diketahui

Melansir dari Auto2000, ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan pengharum mobil.

Kopi

Kopi direkomendasikan sebagai pengharum kabin mobil karena aromanya yang kuat. Meski punya aroma kuat, bau dari kopi tidak mengganggu. Kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap seperti bau asap rokok.

Selain itu aroma kopi diyakini dapat memberi nuansa semangat yang cocok sebagai pengharum mobil. Untuk menggunakan kopi sebagai pengharum kabin, cukup gunakan segenggam bubuk atau biji kopi lalu letakkan pada wadah yang diberi lubang kecil-kecil. Lalu letakkan wadah berisi kopi tersebut di sudut-sudut kabin mobil.

Melati

Bahan alami yang bisa dijadikan pengharum kabin berikutnya adalah melati. Melati merupakan salah satu bunga yang aromanya punya efek relaksasi sehingga cocok untuk dijadikan pengharum kabin. Untuk jadi pengharum, cukup gunakan beberapa bunga melati. Jika ada, gunakan bunga yang masih menguncup. Letakkan melati di dekat AC agar aroma wanginya menyebar di dalam kabin mobil.

Pandan

Pandan identik sebagai bahan penyedap makanan atau minuman. Namun selain digunakan untuk memasak, pandan juga bisa jadi pengharum kabin mobil.

Aroma wangi yang khas dan tidak terlalu menyengat akan aman bagi pengemudi. Pandan juga tidak menimbulkan efek negatif untuk kesehatan layaknya pengharum sintetis. Selain itu penggunaannya juga cukup mudah. Hanya butuh 20 lembar daun pandan segar lalu letakkan di bawah jok mobil. Aroma kesegaran daun pandan ini setidaknya dapat bertahan selama dua minggu.

Serai

Meski sering digunakan untuk bahan jamu atau obat tradisional, serai juga bisa digunakan untuk pengharum kabin mobil. Aroma wangi serai cocok untuk menghilangkan berbagai bau tak sedap. Selain itu pada serai juga mengandung minyak atsiri yang baik untuk memperkuat sistem saraf.

Cara menggunakan serai sebagai pengharum kabin juga sederhana, gunakan 20-25 tangkai serai dan letakkan dalam wadah tertutup yang diberi lubang. Simpan di dasar kabin mobil. Serai sangat unik karena aroma wanginya justru akan semakin keluar saat ia lama terpapar udara dan mengering.

Kayu Manis

Kayu manis memang punya aroma khas yang cocok untuk dijadikan pengharum alami mobil. Untuk dijadikan pengharum kabin, kayu manis dapat dijadikan bubuk atau masih utuh. Cukup letakkan dalam toples atau kantong kecil dan simpan di tempat yang dilalui aliran udara agar aroma wanginya menyebar.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...