Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tips Hidup Sehat Ala Mawar Hartopo Istri Bupati Kudus

Mawar Hartopo dalam acara Peringatan HUT Saka Bakti Husada (SBH) ke-37 dan Hari Anak Nasional ke-38. (Murianews/Diskominfo Kudus)

MURIANEWS, Kudus – Istri Bupati Kudus Mawar Hartopo yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membagikan tips untuk menjalani hidup yang sehat.

Hal tersebut dia sampaikan saat menghadiri perayaan HUT Saka Bakti Husada (SBH) ke-37 dan Hari Anak Nasional ke-38 di Halaman Labkesda Kudus, Jumat (5/8/2022).

Menurut Mawar, hidup sehat dapat dimulai dengan kebiasaan sederhana seperti mengonsumsi sayur dan buah. Selain kaya akan serat dan nutrisi, memperbanyak sayur dan buah juga terbukti menjaga stamina tubuh dalam aktivitas keseharian.

Untuk mencapai hidup yang sehat, sambungnya, tidak perlu melakukan perubahan besar dalam waktu yang singkat.

Baca: Ini Tips Sehat dan Bugar buat Wanita Usia 50 Tahun ke Atas

Namun cukup dengan mengubah hal sederhana sedikit demi sedikit. Contohnya dengan mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C seperti pisang.

”Pisang itu salah satu sumber vitamin paling oke, selain mengenyangkan juga mudah dijumpai di mana-mana ada. Dari makan buah kita bisa sedikit-demi sedikit menerapkan gaya hidup sehat, karena semua itu butuh proses,” ujarnya.

Dalam acara tersebut pula, Mawar berpesan kepada para remaja khususnya perempuan akan pentingnya mengonsumsi tablet tambah darah. Pasalnya kaum perempuan rentan terkena anemia saat masa menstruasi.

Untuk mencegah dampak jangka panjang yang ditimbulkan, maka perlu dibiasakan mengonsumsi tablet tambah darah secara rutin mulai dari sekarang.

”Minum tablet tambah darah kita sudah kampanyekan sejak 2019, sekarang dan setiap ada kesempatan kita giatkan lagi. Penting karena remaja putri masih rentan anemia,” pungkasnya.

Peringatan HUT Saka Bakti Husada (SBH) ke-37 dan Hari Anak Nasional ke-38 sendiri diharapkan mampu meningkatkan motivasi bagi seluruh anggota SBH untuk terus aktif dalam belajar dan berkarya.

Tentunya, sebagai upaya mendukung gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...