Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Hari Jadi Pati Ke-699 Digelar Sederhana, Bupati: Tak Ada Kirab

Hari Jadi Pati Ke-699 Digelar Sederhana, Bupati: Tak Ada Kirab
Bupati Pati Haryanto usai membuka Pragolo Pati Festival 2022 di Plaza Pragolo Pati, Jumat (5/8/2022).  (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Hari Jadi Pati ke-699 digelar secara sederhana. Perayaannya tak jauh beda dengan yang diagendakan pada tahun sebelumnya. Yakni, digelar dengan tasyakuran, upacara dan ziarah kubur.

Menariknya, agenda kali ini merupakan jadi yang terakhir bagi Bupati Pati Haryanto dan Wakilnya Saiful Arifin. Sebab, mereka bakal purnatugas pada 22 Agustus 2022 nanti.

Rangkaian Hari Jadi Pati Ke-699 mulai digelar pada Sabtu (6/8/2022) sore di Pendapa Kemiri. Dalam acara itu, jajaran pejabat lingkup Pemkab Pati menggunakan pakaian adat. Kegiatan diselenggarakan terbatas.

”Sabtu sore, ada acara selametan atau tasyukuran secara terbatas yaitu para OPD, Camat Pati dan Kepala Desa Sarirejo di Pendapa Desa Sarirejo Pati,” ujar Haryanto usai membuka Pragolo Pati Festival 2022 di Plaza Pragolo Pati, Jumat (5/8/2022).

Baca: Pemulihan Ekonomi, Ini yang Dilakukan Pemkab Pati

Selanjutnya, pada Sabtu malam, dilaksanakan rapat paripurna istimewa di Gedung DPRD Pati. Semua digelar biasa saja dan sederhana tidak berlebihan.

Puncaknya perayaan dilakukan Minggu (7/8/2022). Di agenda itu, digelar upacara peringatan Hari Jadi Pati ke 699. Pesertanya menggunakan pakaian adat. Selanjutnya, mereka berziarah ke makam Adipati Tombronegoro.

”Tidak ada kirab atau arak-arakan karena sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) nya bahwa kirab hanya bisa diselenggarakan satu kali setiap periode. Dua periode berarti dua kali, dan saya juga sudah menggelar dua kali,” pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...