Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ada Suspek Cacar Monyet di Pati, Bupati: Hasil Labnya Negatif

Ada Suspek Cacar Monyet di Pati, Bupati: Hasilnya Negatif
Bupati Pati Haryanto. (MURIANEWS/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Pasien suspek cacar monyet di Pati, Jawa Tengah dinyatakan negatif menderita virus monkeypox. Itu setelah hasil laboratorium sampel pasien keluar.

Kabar itu diungkapkan Bupati Pati Haryanto saat menghadiri pembukaan Pragolo Pati Festival 2022 di Plaza Pragolo, Jumat (5/8/2022). Pihaknya mengetahui hasil laboratorium ini pada Kamis (4/8/2022) malam.

”Ndak ada itu. Kemarin ada indikasi seperti (cacar monyet) itu. Tetapi setelah hasil laboratorium keluar, negatif. Bukan cacar monyet itu,” ujar Haryanto kepada awak media.

”Kemarin kan pada tanya itu, saya belum bisa menjawab karena saya belum dapat data detail. Terus tadi malam saya minta untuk mengecek lagi ternyata hasilnya negatif. Jadi bukan cacar monyet,” tandasnya.

Baca: Hasil PCR Keluar, 1 Pasien Suspek Cacar Monyet di Jateng Dinyatakan Negatif

Meskipun demikian, ia meminta kepada masyarakat untuk waspada dan menjaga protokol kesehatan, terutama memakai masker. Selain bisa melindungi dari virus corona, memakai masker juga bisa melindungi pemakaian dari virus monkeypox yang ditularian dari hewan.

”Kita terus waspada. Apalagi kita masih pandemi Covid-19. Kita belum bebas dari pandemi. Kita hati-hati dengan memakai protokol kesehatan,” pungkas Haryanto.

Sebelumnya dikabarkan seorang sopir asal Kabupaten Pati diduga mengidap cacar monyet. Dugaan ini muncul lantaran gejala yang dialami lelaki ini mirip seperti gejala cacar monyet.

Lelaki berumur 55 tahun ini pun berobat di salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Pati pada 29 Juli lalu. Setelah diperiksa, dokter yang menanganinya menetapkan pasien ini sebagai suspek cacar monyet.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...