Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kenapa Mobil Mesin Turbo Lebih Irit BBM? Ini Penjelasannya

Kenapa Mobil Mesin Turbo Lebih Irit BBM? Ini Penjelasannya
Foto: Ilustrasi mesin mobil (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Mobil dengan mesin turbo kini menjadi pilihan banyak orang. Salah satu alasannya, konsumsi bahan BBM mobil mesin turbo dinilai lebih irit.

Iritnya pemakaian BBM pada mobil sangat dirasakan sekarang ini. Hal ini menyusul adanya kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu.

Lantas apa yang menyebabkan mobil mesin turbo bisa lebih hemat BBM? Melansir dari Gridoto.com, mobil dengan mesin turbo dinilai punya konsumsi BBM lebih irit karena mesin turbo mengandalkan penempatan kompresi dari induksi udara tambahan di ruang bakar.

Baca juga: Catat, Mobil Boros BBM Ternyata Bisa Disebabkan Hal Sepele lho

”Dalam proses pembakaran mesin turbo, penyempurnaan pembakaran dicapai dengan mengingkatkan kepadatan (density) udara,” kata Son Ashari, Service Manager bengkel resmi Astrido Toyota Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Saat mesin bekerja, turbo akan spooling untuk menyedot paksa udara masuk ke ruang bakar. Pada itu ruang bakar mendapat induksi udara tambahan yang dapat meningkatkan densitynya.

Kepadatan udara yang lebih besar, dengan campuran bahan bakar yang sedikit sudah bisa menghasilkan ledakan. Son melanjutkan, konstruksi mesin yang kompak, volume pengabutan yang kecil akan menghasilkan energi pembakaran tetap besar meski bahan bakar yang masuk sedikit.

Ini terjadi karena bantuan kepadatan udara yang dimasukkan lebih tinggi. Pada sisi lain, ruang bakar cenderung lean, otomatis mesin cenderung lebih panas.

”Serta kepadatan udara yang lebih tinggi tentunya dibutuhkan bahan bakar nilai oktan lebih tinggi karena kekuatan kompresinya yang besar,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...