Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

HUT RI Ke-77, Emak-Emak di Grobogan Main Sepak Bola Pakai Daster

HUT RI Ke-77, Emak-Emak di Grobogan Main Sepak Bola Pakai Daster
Aksi emak-emak di Desa Pilangpayung, Kecamatan Toroh, Grobogan, Jateng dalam turnamen sepak bola tarkam dalam rangka HUT RI, di lapangan desa setempat, Kamis (4/8/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Kemeriahan HUT RI ke 77 mulai terlihat, Kamis (4/8/2022). Emak-emak Desa Pilangpayung, Kecamatan Toroh, Grobogan pun tak mau ketinggalan.

Bukan untuk ikut lomba memasak sepeti yang biasa dilakoni. Emak-emak di sana justru membikin tim untuk ikut lomba sepak bola antar kampung alias tarkam.

Masing-masing tim ada enam perempuan. Mereka wajib bersepatu dan memakai kaus bernomor punggung.

Meski memakai seragam lengkap, di lomba itu emak-emak harus bermain dengan memakai daster selutut. Gelaran lomba pun menarik perhatian masyarakat setempat.

Waktu mainnya yakni 2×25 menit dengan menggunakan sepertiga lapangan sepakbola laki-laki. Permainan sepakbola pun dibikin kocak dengan iringan musik dangdut sepanjang pertandingan.

Baca: Kenalkan Biosaka, Ini yang Dilakukan Dinas Pertanian Grobogan

Yang bikin heboh, di sela pertandingan, panitia meminta peserta untuk berjoget. Penonton yang tak lain tetangga sendiri di sekitaran pun sebagian ikut berjoget hingga menyawer.

Kepala Desa Pilangpayung Rihantini mengatakan, ada delapan tim dari tujuh dusun yang mengikuti turnamen tarkam ini. Satu dusun yang warganya paling banyak dibagi dalam dua tim.

”Babak penyisihan dilakukan sejak 31 Juli 2022 kemarin. Nanti finalnya tanggal 15 Agustus 2022,” ujar Kades yang juga turut menonton pertandingan.

Rihantini berharap, dengan digelarnya kegiatan tahunan itu bisa mempererat hubungan antarwarga.

”Harapannya dapat memupuk rasa persaudaraan antar warga desa, sekaligus memberikan hiburan yang menarik bagi masyarakat,” tambahnya.

Tidak hanya peserta perempuan, turnamen tarkam itu juga mempertandingkan peserta laki-laki. Pertandingan digelar secara bergiliran, yakni sehari laki-laki dan sehari kemudian perempuan.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...