Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Grobogan Butuh 300 Ribu Dosis Vaksin PMK Sampai Akhir Tahun

Grobogan Butuh 300 Ribu Dosis Vaksin PMK Sampai Akhir Tahun
Kepala Disnakkan Grobogan Riyanto ikut menyuntikkan vaksin PMK ke ternak. (Murianews/Istimewa Disnakkan Grobogan)

MURIANEWS, Grobogan – Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Grobogan menyatakan butuh 300 ribu dosis vaksin PMK hingga akhir tahun ini. Hingga kini, vaksin yang telah diterima pihaknya baru sekitar 17.500 dosis.

Kepala Disnakkan Grobogan Riyanto mengatakan, pihaknya terus berusaha menekan angka penyebaran PMK dengan menggalakkan vaksinasi. Karena itu, pihaknya pun terus meminta jatah dosis vaksin lebih banyak ke pemerintah pusat.

”Kami usulkan 300 ribu dosis sampai akhir tahun. Penekanan kasus PMK juga dilakukan dengan penyemprotan disinfektan atau eco enzyme yang dari PMI. Kami juga terus mengimbau peternak tidak membeli ternak dari luar,” ujar Riyanto, Kamis (4/8/2022).

Baca: Grobogan Dapat Tambahan 7500 Dosis Vaksin PMK

Hal itu, kata Riyanto, juga sebagai wujud implementasi arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menyambangi Grobogan, beberapa waktu lalu.

Untuk mencegah penularan, pihaknya bersama unsur terkait juga terus melakukan pengawasan lalu lintas ternak dan menutup pasar hewan.

Riyanto memaparkan, pihaknya juga terus meningkatkan pembentukan Satgas PMK di kecamatan. Sebab, hingga kini baru ada 10 kecamatan yang terbentuk.

”Dari hasil rapat dengan Bupati kira-kira seperti itu arahannya, perlu ditingkatkan pembentukan Satgas PMK di kecamatan,” ungkapnya.

Tidak cukup di level kecamatan, pihaknya juga segera menginisiasi pembentukan Satgas PMK hingga tingkat desa atau kelurahan. Diharapkan pula, ada peningkatan kerja sama antar anggota satgas.

Sementara itu, per Rabu (3/8/2022) kemarin, kasus PMK baru di Grobogan terdapat 4 kasus. Sehingga, total kasus positif PMK mencapai 2.235 kasus dengan 1392 sembuh dan 790 lainnya merupakan kasus aktif.

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi
Kepala Disnakkan Grobogan melakukan vaksinasi PMK terhadap ternak di Grobogan, baru-baru ini. (Murianews/Istimewa)

Comments
Loading...