Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kenalkan Biosaka, Ini yang Dilakukan Dinas Pertanian Grobogan

Kenalkan Biosaka, Ini yang Dilakukan Dinas Pertanian Grobogan
Peserta lomba membuat biosaka dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI di halaman kantor Dinas Pertanian Grobogan, Kamis (4/8/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Meramu biosaka terbaik jadi salah satu lomba yang digelar Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan dalam rangka HUT ke 77 RI. Lomba itu diikuti Penyuluh dan pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan, Sunanto mengatakan kegiatan itu jadi salah satu cara memasyarakatkan penggunaan biosaka. Sebab, biosaka terbukti mampu meningkatkan hasil pertanian.

”Dengan menjadi salah satu mata lomba, harapannya penyuluh semakin familiar dengan biosaka, dan nantinya bisa ditularkan kepada masyarakat Grobogan,” kata dia, Kamis (4/8/2022).

Baca: Petani Grobogan Dikenalkan Biosaka Gantinya Pupuk

Dalam lomba itu, ada sejumlah penilaian yang harus dipenuhi peserta. Pertama, peserta dinilai dari jumlah tanaman yang dibawa.

”Semakin banyak tanamannya semakin bagus. Minimal kan, sepuluh tanaman yang dibawa dalam lomba pembuatan biosaka ini,” ujar Sunanto.

Selain itu, hasil akhir ramuan biosaka juga sangat menentukan. Bilamana warnanya homogen menjadi hitam atau gelap, maka dianggap berhasil.

”Sebab, tidak mesti tanaman yang diremas-remas dalam air itu menjadi hitam. Kadang masih hijau, nah itu yang gagal jadi biosaka,” imbuhnya.

Dijelaskan, hasil dari lomba pembuatan biosaka tersebut, ujar Sunanto, juga diharapkan langsung digunakan di tiap-tiap kecamatan.

”Bisa digunakan untuk demplot tanaman padi, jagung, kedelai, bawang merah, dan holtikultura lainnya,” paparnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...