Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pemkab Kudus Sebenarnya Ingin Beli Mesin Rokok Asal Jerman, Tapi…

Ilustrasi: Mesin pembuat rokok di KIHT Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah disarankan untuk membeli mesin rokok produksi negara Jerman oleh Komisi B DPRD Kabupaten Kudus. Namun Pemkab Kudus melirik mesin rokok buatan Taiwan, karena berkaitan dengan penganggaran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, pihaknya sebenarnya ingin membeli mesin buatan Jerman sesuai saran dari DPRD.

Namun, seusai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 215 Tahun 2021, persentase penganggaran pembelian mesin dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ada batasannya. Di mana hanya bisa dianggarkan sebesar Rp 2,9 miliar saja.

Lain hal ketika regulasi PMK 206 masih berlaku. Di mana anggaran pembelian mesin rokok bisa mencapai Rp 15 miliar.

”Karena itulah kemarin pada akhirnya kami mepertimbangkan untuk bisa membeli mesin rokok buatan Taiwan untuk bisa disewakan di  Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT),” ucap Rini, Kamis (4/8/2022).

Baca: Pemkab Kudus Ingin Beli Mesin Rokok Asal Taiwan, DPRD Tak Setuju

Dia menambahkan, selain karena anggaran, komponen dan sparepart pendukung lain dari mesin buatan Taiwan juga ada yang berasal dari dalam negeri.

”Sehingga persyaratan 40 persen komponen dari dalam negeri bisa terpenuhi. Ini kami masih melaksanakan survei,” pungkas Rini.

Sebagai infomasi, Komisi B DPRD Kabupaten Kudus, tidak setuju dengan kebijakan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) yang ingin membeli mesin rokok buatan Taiwan untuk disewakan di  KIHT.

Baca: Ini Alasan Pemkab Kudus Ingin Beli Mesin Rokok Buatan Taiwan

Hal tersebut diungkapan oleh Ketua Komisi B DPRD Kudus Anis Hidayat usai rapat koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Perinduatrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus, Selasa (26/7/2022).

Anis menambahkan, mesin yang akan dibeli oleh Disnaker Perinkop dan UKM adalah rakitan dari China. Dari hasil rapat juga bisa disimpulkan jika mesin jenis MK 8 itu sangat berisiko memiliki fungsi yang tidak maksimal dan dianggap tidak munpuni untuk produksi rokok filter skala besar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...