Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perbaikan 110 Sekolah di Kudus Lambat, Baru 30 yang Selesai

Sejumlah pejabat daerah tengah meninjau sekolah rusak beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Perbaikan 110 sekolah rusak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berjalan lambat. Padahal September 2022 mendatang ditarget semua sekolah sudah rampung diperbaiki.

Namun untuk saat ini, baru ada sekitar 30 sekolah yang rampung dikerjakan baik tingkat SD maupun SMP.

Pengerjaan sudah mulai dilakukan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus pada pertengahan bulan April 2022 lalu.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kudus M Zubaedi mengatakan perbaikan sekolah rusak memang dilaksanakan secara bertahap.

Baca: Hindari Pungutan Liar, Ganjar Petakan Sekolah Rusak di Jateng

Namun dia optimis target rampung perbaikan yakni di bulan September bisa terlaksana.

”Kami sedang mengebutnya, secara hitungan kami bulan September 2022 bisa selesai,” katanya, Kamis (4/8/2022).

Dia menambahkan, proses perbaikan sendiri menggunakan sistem penunjukan langsung. Artinya diharapkan bisa lebih cepat terlaksana karena tidak melalui proses lelang.

”Hanya dua sekolah yang perbaikannya melalui lelang, yakni SD 4 Prambatan Kidul dan SD 1 Terban. Sedangkan perbaikan sekolah lainnya melalui penunjukan langsung, akan kami upayakan secepatnya,” pungkasnya.

Baca: Sekolah-Sekolah Rusak di Kudus Mulai Diperbaiki

Sebagai informasi, anggaran untuk perbaikan 110 sekolah rusak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah adalah sekitar Rp 22 miliar yang diambilkan dari APBD 2022.

Adapun, 110 sekolah tersebut meliputi seratus sekolah dasar (SD) dan sepuluh sekolah menengah pertama (SMP).

Untuk sekolah rusak yang belum terkover di APBD 2022, akan didata untuk diusulkan pada APBD 2023. Atau bila tersedia anggaran, akan diusulkan melalui Perubahan APBD 2022.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...