Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Catatan Sejarah Tanggal 4 Agustus: Pebulutangkis Alan Budikusuma dan Susi Susanti Raih Emas Olimpiade 1992

Catatan Sejarah Tanggal 4 Agustus: Pebulutangkis Alan Budikusuma dan Susi Susanti Raih Emas Olimpiade 1992
Foto: Menpora Zainudin Amali menerima kunjungan Susi Susanti dan Alan Budikusuma, beberapa waktu lalu (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 4 Agustus dari tahun ke tahun. Berikut ini, catatan sejarah tanggal 4 Agustus yang terjadi di berbagai negara yang dihimpun Solopos.com dari beberapa sumber:

1701

Kerajaan Prancis dan Konfederasi Haudenosaunee menandatangani Perjanjian Damai Montreal di Montreal, Kanada. Perjanjian itu dibuat untuk menciptakan perdamaian antara Prancis dengan Konfederasi Haudenosaunee yang terdiri atas beberapa bangsa dan suku pribumi Amerika Utara.

1824

Pertempuran antara pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan Yunani meletus di Pulau Kos, Yunani. Perang berkecamuk guna memperebutkan wilayah Kos yang berakhir dengan kemenangan Yunani.

Baca juga: Catatan Sejarah Tanggal 3 Agustus: Gunung Asama di Jepang Meletus Tahun 1783 dan Mengakibatkan 35.000 Korban Jiwa

1914

Inggris mendeklarasikan perang kepada Jerman. Deklarasi ini terjadi beberapa hari setelah Jerman menyatakan perang terhadap Rusia dan Prancis. Dengan demikian, Inggris menggabungkan kekuatan dengan Rusia dan Prancis pada Perang Dunia I.

1915

Pasukan Jerman menguasai Warsawa, Polandia setelah mengalahkan Rusia. Kemenangan Jerman itu diraih melalui Serangan Gorlice-Tarnow.

1916

Amerika Serikat membeli Kepualauan Virgin yang dikuasai Denmark. Amerika Serikat harus membayar senilai US$25 kepada pemerintah Denmark.

1940

Presiden keempat Indonesia, Abdurrahman Wahid lahir di Jombang, Jawa Timur. Dia kemudian dikenal sebagai tokoh muslim Indonesia. Pria yang akrab disapa Gus Dur menjadi Presiden keempat Indonesia sejak 1999 hingga 2001.

1961

Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Hussein Obama lahir di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, 4 Agustus 1961. Barack Obama merupakan orang kulit hitam pertama yang menduduki kursi Presiden Amerika Serikat sejak 2009 hingga 2017.

1983

Presiden Burikina Faso, Blaise Compaore, melakukan kudeta yang membuat temannya, Thimas Sankara menjadi Presiden Volta Hulu.

1992

Alan Budikusuma dan Susi Susanti menyumbangkan medali emas bagi Indonesia di nomor tunggal putra dan tunggal putri Olimpiade Musim Panas 1992. Kompetisi pada cabang olahraga ini berlangsung di Pavelló de la Mar Bella, Barcelona sejak tanggal 28 Juli hingga 4 Agustus 1992. Edisi ini menandingkan 4 nomor. 177 atlet dari 36 negara bertanding dalam edisi ini.

2009

Penyanyi Indonesia, Urip Achmad Rijanto, meninggal pada 4 Agustus 2009 dalam usia 52 tahun. Akrab disapa Mbah Surip dikenal berkat gaya eksentrik dan cara tertawanya unik. Lagunya bertajuk Tak Gendong dirilis pada 2003 populer hingga sekarang.

2011

Permainan fisika berbasis video teka-teki bertajuk Cut the Rope dirilis. Permainan ini dimainkan dengan cara memberi makan permen kepada makhluk hijau bernama Om Nom sambil mengumpulkan bintang.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: solopos.com

Comments
Loading...