Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Piala Asia 2023

AFC Dikabarkan Akan Tinjau Langsung Sejumlah Stadion di Indonesia

Piala Asia 2023
Jakarta International Stadium, menjadi salah satu alternatif tempat pertandingan Piala Asia 2023. (facebook.com/jakartainternationalstadium/photos)

MURIANEWS, Jakarta – Konfederasi Bola Sepak Asia (AFC) dikhabarkan akan melakukan peninjauan beberapa stadion di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut atas pengajuan diri Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Menyusul mundurnya China sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, AFC membuka peluang bagi negara-negara anggotanya untuk menjadi tuan rumah pengganti. Sejauh ini Indonesia telah disebut menjadi salah satu negara yang mengajukan diri menjadi tuan rumah.

Sedangkan negara-negara lain yang juga mengajukan diri adalah seperti Korea Selatan, Australia dan juga Qatar. Dalam hal ini, Indonesia memang menghadapi pesaing-pesaing yang sangat kuat, terutama Qatar yang akhir tahun ini akan menjadi host Piala Dunia 2022.

Sekretris Jenderal AFC, Dato Seri Windsor John telah mengirim surat kepada PSSI mengenai rencana ini. AFC akan melakukan peninjauan terhadap stadion-stadion yang diusulkan Indonesia menjadi lokasi pertandingan. Rencananya, penijauan langsung akan dilakukan AFC pada 1-4 September nanti.

“Kami menerima surat daripada AFC pada 1 Agustus lalu, dan sudah tentunya kami akan menyambut baik kedatangan mereka,” ujar Yunus Nusi, Sekretaris Jenderal PSSI, seperti di lansir di laman PSSI.

BACA JUGA: Indonesia Akhirnya Resmi Masuk Bidding Tuan Rumah Piala Asia 2023

Selain ke Indonesia, AFC tentunya juga akan melakukan kunjungan dan tinjauan yang sama ke negara lain yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Setelah Indonesia, Korea Selatan, Australia dan terakhir Qatar juga akan dilakukan tinjuan langsung menyangkut kesiapan stadion mereka masing-masing.

PSSI dalam hal ini juga akan segera mengajukan nama stadion yang akan diusulkan menjadi tempat pertandingan. Ada beberapa stadion yang sudah direncanakan, namun sejauh ini masih belum diputuskan secara final mana yang akan disampaikan ke AFC.

PSSI dengan kepercayaan diri tinggi telah mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, setelah mendapatkan beberapa dukungan. Terutama dukungan dari Pemerintah RI dan Kemenpora, menjadi alasan kuat bagi PSSI untuk maju dalam bidding Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 direncanakan akan digelar pada 16 Juni sampai 16 Juli 2023. Semula China sudah ditunjuk menjadi tuan rumah. Namun, tahun ini mereka menyatakan mundur, karena Pemerintah China masih fokus pada masalah Covid-19.

 

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: PSSI

Comments
Loading...