Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Isu Jual Beli Remisi, Wamenkumham Sebut Baru Sebatas Dugaan

Wamenkum HAM Eddy Omar Sharif Hiariej (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus –Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Eddy Omar Sharif menanggapi adanya dugaan praktik jual-beli remisi yang terjadi di lembaga permasyarakatan beberapa tahun terakhir.

Tanggapan tersebut diberikan Wamenkumham saat berkunjung ke Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kudus, Kamis (4/8/2022).

Menurutnya, tentang isu jual beli remisi tersebut hanya sebatas dugaan semata. ”Itu kan baru dugaan saja. Semua orang pasti bisa menduga,” ujarnya.

Kemenkuham sendiri, sambung dia, akan mengawasi tentang prosedur remisi dengan ketat.

Sehingga, pihaknya memastikan tidak akan ada praktik jual-beli remisi yang bisa dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

”Semua saya kira akan diawasi dengan baik, dan tidak semudah itu (jual-beli remisi, red). Kami juga punya SOP dari direktorat permasyarakatan yang cukup ketat,” jelasnya.

Baca: Pujian Wamenkumham untuk Rutan Kudus: So Far, So Good

Di Rutan Kudus, pria yang akrab disapa Eddy Hiariej tersebut berkeliling ke sejumlah ruang. Mulai ruang tahanan napi, hingga ruang kunjungan virtual yang digunakan narapidana untuk berkomunikasi di jam kunjungan bersama keluarganya.

Tak hanya itu Wamenkumham juga mengunjungi ruang pembinaan kreativitas narapidana.

Wamenkumham mengatakan, kedatangannya ke Rutan Kudus untuk memantau langsung pelayanan dan pembinaan yang dilakukan di Rutan Kudus.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...