Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kepala Puskesmas Tanggungharjo Grobogan Soal Dugaan Menolak Pasien: Kami Siap Perbaiki

Kepala Puskesmas Tanggungharjo Grobogan Soal Dugaan Menolak Pasien: Kami Siap Perbaiki
Puskesmas Tanggungharjo. (Murianews/Istimewa https://puskesmas-tanggungharjo-kab-grobogan.business.site)

MURIANEWS, Grobogan – Kepala Puskesmas Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Ekayanti Lasiana siap membenahi pelayanan di fasilitas layanan kesehatan yang dipimpinnya.

Pernyataan itu menjawab adanya dugaan menolak pasien yang dilakukan bawahannya. Ia pun segera mengevaluasi pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanggungharjo.

”Kami sudah klarifikasi dengan Pak Kadin (Kadinkes Grobogan Slamet Widodo, red). Kami siap memperbaiki layanan,” ujar Ekayanti, Kamis (4/8/2022).

Diberitakan sebelumnya, seorang pasien mengaku ditolak karena datang pukul 11.35 WIB, pada Selasa (2/8/2022). Petugas di sana menyebut, loket sudah ditutup 11.30 WIB, sehingga tidak menerima pasien.

Baca: Kadinkes Grobogan: Puskesmas Tak Boleh Tolak Pasien

Ekayanti pun membenarkan, pukul 11.30 WIB merupakan waktu penutupan loket pendaftaran. Namun, pelayanan di puskesmas itu sampai jam kerja berakhir, yakni pukul 14.15 WIB.

”Itu jam buka loket (sampai pukul 11.30 WIB). Kalau pelayanan sampai jam kerja selesai. Jam kerja sampai 14.15 pada Senin – Kamis,” imbuhnya.

Kemudian untuk hari Jumat pelayanan sampai pukul 11.15 WIB, dan Sabtu sampai pukul 12.45 WIB.

Terkait adanya penolakan pasien, Ekayanti menyebut pihaknya selalu melaksanakan evaluasi mutu puskesmas dengan Tim Unit Pengaduan Masyarakat (UPM) Puskesmas.

Adanya kejadian tersebut, pihaknya menindaklanjuti dengan rapat tinjauan manajemen puskesmas.

”Kami melaksanakan evaluasi mutu puskesmas dengan Tim UPM Puskesmas. Selanjutnya koordinasi dengan Dinkes Kabupaten,” paparnya.

Usai kejadian tersebut, Ekayanti belum bisa memberikan kepastian apakah jam penutupan loket akan diubah. Dia mengaku masih menunggu hasil koordinasi dengan Dinkes Grobogan.

”Kami evaluasi dulu. Kami menunggu hasil koordinasi dengan Dinas,” tutupnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...