Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Desa Tanjung Wakili Jepara di Lomba Desa Nasional

Desa Tanjung Wakili Jepara di Lomba Desa Nasional
Petinggi Desa Tanjung Jepara, Dwi Ganoto saat menjalani fase penilaian lomba desa se Jawa Tengah. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara wakili Provinsi Jawa Tengah dan Jepara untuk Lomba Desa Nasional. Itu setelah desa di lereng Muria tersebut menjadi juara di Lomba Desa Jawa Tengah.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades), Edy Marwoto mengatakan itu berdasarkan SK Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah nomor 414.1/3275 tentang Pemenang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022.

Baca: Relawan Dikerahkan ke Desa-Desa Jepara Cegah Peredaran Narkoba

”Hanya juara 1 dari masing-masing kategori yang maju ke tingkat nasional,” kata Edy, Kamis (4/8/2022).

Sebagai informasi, untuk kategori Kelurahan, diwakili Kelurahan Jebres Kota Surakarta yang juga sukses jadi juara di lomba yang sama.

Kini, Desa Tanjung harus langsung mempersiapkan diri menghadapi penilaian Lomba Desa tingkat nasional. Sebab, dokumen penilaian peserta se-Indonesia, harus sudah diterima Kementerian Dalam Negeri selambat-lambatnya Jumat, 5 Agustus 2022.

Pihaknya mengungkapkan, hasil penilaian di tingkat Provinsi Jawa Tengah itu langsung dikirim ke tingkat nasional. Berdasarkan surat dari Kemendagri, Edy menyebut, setelah pengiriman dokumen, pengumuman peserta yang lolos ke tahap pemaparan dilakukan 11 Agustus 2022.

”Pemaparan online bagi peserta yang lolos, dijadwalkan tanggal 13 sampai 19 Agustus 2022,” kata Edy.

Edy menambahkan, Kemendagri akan menetapkan pemenang tiga besar pada masing-masing kategori. Penetapan itu diumumkan September 2022 mendatang.

Pemenangnya berdasarkan wilayah Regional. Untuk Jepara sendiri, masuk regional dua yang meliputi Jawa dan Bali.

”Desa Tanjung bisa mendapatkan hasil terbaik di tingkat nasional ini. Banyak inovasi desa itu yang bisa menjadi keunggulan. Kami juga berharap prestasi ini menginspirasi desa-desa lain di Jepara,” pungkas Edy Marwoto.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...