Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Mudah Membersihkan Kerak Hitam di Knalpot Mobil Diesel

Ini Cara Mudah Membersihkan Kerak Hitam di Knalpot Mobil Diesel
Foto: Ilustrasi knalpot mobil diesel (kuanish Sarsenov dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Kondisi knalpot mobil bensin dan diesel biasanya ada sedikit perbedaan seiring pemakaian. Di mana, pada mobil diesel biasa ditemukan kerak hitam pada pipa knalpot.

Adanya kerak hitam ini dinilai cukup lumrah dan wajar dijumpai di pipa knalpot mobil diesel. Biasanya, kondisi ini disebabkan jelaga hasil pembakaran.

”Pipa knalpot yang banyak kerak hitam ini dikarenakan jelaga hasil pembakaran,” jelas Erick Budiman dari bengkel Jakarta Diesel Squad (JDS), dikutip dari Gridoto.com.

Baca juga: Ini Penyebab Knalpot Motor Meletup yang Perlu Diketahui

Kerak hitam ini dikarenakan pembakaran yang kurang sempurna pada ruang bakar. Sehingga menghasilkan kerak hitam pekat yang menempel pada pipa knalpot.

Selanjutnya Erick menjelaskan, lama-lama kerak hitam ini akan menumpuk di knalpot. Namun ada cara untuk menghilangkan kerak pada pipa knalpot ini, yaitu dengan menyemprotkan air ke dalamnya.

”Kerak hitam ini bisa dikurangi dengan cara menyempotkan air bertekanan ke dalamnya,” ungkapnya

Selesai menyemprot air ke dalam pipa knalpot, segera hidupkan mesin dengan menginjak pedal gas. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa air dalam knalpot.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...