Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Nikmati Wisata Waduk Tempuran Blora Makin Asyik dengan Sepeda Air

Nikmati Wisata Waduk Tempuran Blora Makin Asyik dengan Sepeda Air
Sepeda air di Waduk Tempuran. (Murianews/Kontributor Blora)

MURIANEWS, Blora – Kini, menikmati suguhan keindahan alam wisata Waduk Tempuran di Desa Tempuran, Kecamatan Blora Kota, Kabupaten Blora, Jawa Tengah makin asyik.

Hadirnya fasilitas sepeda air membuat pengunjung bisa lebih saksama mengamati lanskap Waduk Tempuran.

Fasilitas itu dihadirkan akademisi Institut Teknologi Surabaya (ITS) yang melakukan pengabdian masyarakat di Desa Tempuran.

Baca: Idap Penyakit Serius, Bocah Sembilan Tahun di Blora Tampak Seperti Tinggal Kulit dan Tulang

”Sepeda airnya ada dua unit. Ini merupakan tindak lanjut permohonan Pak Bupati agar ITS bisa ikut memberikan pendampingan wisata di Desa Tempuran. Sehingga kita buatkan sepeda air. Awalnya ingin perahu, namun nanti perawatannya mahal, sehingga kita cari jalan tengah, (yakni) sepeda air,” ungkap Dekan Fakultas Teknologi Kelautan, Trika Pitana, yang juga alumni SMAN 1 Blora ini, Rabu (3/08/2022).

Dijelaskan, meski sepeda air itu didesain dan diuji teknis oleh ITS, namun bahan dan proses perakitan dilakukan di Blora.

Untuk tahap awal ini, menurutnya, kapasitas sepeda air ini hanya bisa digunakan oleh penumpang dengan berat badan maksimal 55 kg.

Kemudian, pengguna wajib memakai pelampung dan sepeda hanya bisa digunakan seorang diri.

”Hanya satu orang satu sepeda. Ini juga bisa untuk olahraga karena menjalankannya manual dengan putaran pedal kaki, seperti halnya naik sepeda di darat,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Arief Rohman, mengucapkan terima kasih kepada ITS yang telah melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Tempuran.

“Ini merupakan tindak lanjut kerjasama Pemkab Blora dengan ITS Surabaya, yang beberapa waktu lalu kita jalin MoU dengan Pak Rektor. Semoga ini bermanfaat untuk mendukung pengembangan wisata di Desa Tempuran, ayo Dolan Tempuran,” ucap Bupati.

Arief Rohman berharap kerja sama dengan ITS Surabaya ini tidak berhenti di Desa Tempuran saja.

”Masih ada 270 desa lainnya di Kabupaten Blora yang perlu pendampingan potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonominya. Semoga ke depan ITS bisa menyentuh desa-desa lainnya juga,” pungkas Bupati.

 

Kontributor Blora
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...