Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Demokrat Beberkan 3 Kriteria Capres yang Diusung dalam Pilpres 2024

Demokrat Beberkan 3 Kriteria Capres yang Diusung dalam Pilpres 2024
Ilustrasi

MURIANEWS, Jakarta – Partai Demokrat (PD) mempunyai tiga kriteria bakal calon yang akan diusung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Kendati belum secara sah melakukan koalisi dengan Nasdem dan PKS, tetapi PD tetap mempunyai komitmen untuk memilih calon yang sesuai dengan harapan rakyat.

Menurut Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, perihal capres baru akan dibahas setelah koalisi resmi terbentuk.

Baca: AHY: Penundaan Pemilu untuk Langgengkan Kekuasaan

Namun, lanjutnya, Agus harimurti Yudhoyono (AHY) pernah menyampaikan bahwa masalah kriteria capres tentu masing-masing partai harus mempunyai kriteria.

Menurutnya, kriteria capres demokat adalah sosok yang punya kemampuan dan rekam jejak yang baik dalam mewujudkan perubahan dan perbaikan nasib rakyat.

”Kedua, butuh pemerintahan dan kepemimpinan baru yang lebih memperhatikan nasib rakyat di 2024,” kata Herzaky menirukan ucapak AHY, dikutip dari Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Kemudian ketiga adalah sosok capres juga harus punya peluang besar untuk dipilih oleh rakyat.

”Tentu akan ada metode terukur dalam menentukan ini, termasuk masukan dari berbagai survei,” kata Herzaky.

Baca: PDIP Tegaskan Ogah Jalin Koalisi dengan PKS dan Demokrat 

Herzaky mengeklaim, di internal Demokrat sendiri, banyak kader partainya yang menginginkan AHY mencalonkan diri sebagai presiden di 2024. Namun, hingga kini demokrat belum memutuskan. Partai bintang mercy itu masih berupaya mendengar aspirasi masyarakat.

”Memang banyak aspirasi kader dan konstituen yang minta Mas AHY jadi capres atau ikut kontestasi di 2024. Tapi, kami sendiri belum membahas mengenai ini. Masih terus kita resapi masukan dan aspirasi para kader dan rakyat,” tuturnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...