Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Berkah Agustusan, Untung Berlipat dari Pernak-pernik HUT Kemerdekaan

Pembeli berburu pernak-pernik Agustusan di Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Bulan Agustus menjadi berkah bagi penjual pernak-pernik dan bendera untuk perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tidak terkecuali bagi pedagang bendera di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Salah satu penjual pernak-pernik yang ramai di Kabupaten Kudus berada di Jalan Jenderal Sudirman di depan SMP 2 Kudus.

Pengamatan Murianews, satu per satu pelanggan keluar masuk toko. Ada tiga toko di tempat itu, dan sama-sama ramai disambangi pembeli bendera dan pernak-pernik untuk perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Emi Andriyanti, Owneer Toko Pojok Jaya mengaku bersyukur karena toko di tempatnya ramai sejak bulan lalu. Menurutnya, banyaknya kegiatan sekolah menjadi salah satu faktornya.

Alhamdulillah sudah ramai lagi sejak awal Juli kemarin. Kemungkinan karena sudah tidak ada pandemi Covid-19. Sudah ada kegiatan Pramuka dan kemah juga,” katanya, Rabu (3/8/2022).

Salah satu toko yang kebanjiran order pernak-pernik kemerdekaan di Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Di tempatnya, sudah mulai banyak pembeli bendera dan umbul-umbul. Harganya berkisar dari Rp 20 ribu hingga Rp 60 ribu. Pembelinya berasal dari beberapa daerah seperti Kudus dan daerah di eks-Karesidenan Pati.

”Bisa dibilang ada peningkatan 70 persen lebih banyak daripada tahun lalu saat masih pandemi Covid-19,” ujarnya.

Baca: Ini Harga Bendera dan Pernak-pernik HUT RI di Kudus

Pedagang lain, Hani Nur Fatkhhiyah mengaku tokonya kebanjiran orderan sejak sepekan terakhir. Paling dicari bendera untuk dipasang di depan rumah.

”Di sini jual mulai harga Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribu. Pembelinya dari Kudus dan eks Karesidenan Pati,” imbuhnya.

Agus Priyono, karyawan Delta Jaya juga mengaku kebanjiran orderan untuk peringatan 17 Agustus. Tokonya mulai ramai sejak akhir Juli 2022.

”Mulai ramai akhir Juli. Bakul-bakul sudah mulai kulakan. Mereka juga persiapan untuk jualan,” katanya.

Dia memperkirakan pembelian di tempatnya bakal terus ramai hingga 16 Agustus 2022 mendatang. Beragam pernak-pernik dijualnya.

Bendera mini untuk hiasan di mobil dijualnya seharga Rp 3 ribu. Sedangkan bendera untuk upacara sekolah dijual Rp 40 ribu sampai Rp 60 ribu.

Baca: Perempuan Kuli Bata dari Garut Ini Cari Peruntungan Jual Bendera di Kudus

Selain itu di toko tempatnya bekerja juga menjual bendera yang diletakkan di depan rumah. Harganya dimulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu. Ada juga umbul-umbul yang dijual seharga Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.

”Kalau bendera background ukuran panjang empat meter seharga Rp 75 ribu. Kalau ukuran delapan meter harganya Rp 160 ribu sampai Rp 180 ribu tergantung desainnya. Ada juga tongkat Pramuka seharga Rp 5 ribu,” ujarnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...