Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Jadi Lokasi Syuting Film Gadis Kretek, Museum Kretek Kudus Bisa Terkenal

Museum Kretek Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus –  Museum Kretek, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah saat ini tengah digunakan sebagai tempat syuting serial film Gadis Kretek yang akan tayang di Netflix. Momentum ini, diharapkan menjadikan Museum Kretek menjadi tempat wisata yang dikenal masyarakat luas.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Kretek dan Taman Budaya Yusron mengatakan, sangat mendukung penuh Museum Kretek dijadikan lokasi syuting film Gadis Kretek itu.

Terlebih, ketika serial film tersebut telah mulai tayang, masyarakat luas nantinya juga akan mengetahui tentang keberadaan Museum Kretek Kudus. Sehingga, momentum ini bisa menjadi ajang promosi pariwisata di Kudus, khususnya Museum Kretek.

”Ini menjadi momentum kami untuk mempromosikan Museum Kretek ke khalayak luas. Apalagi ketika nanti filmnya sudah jadi bukan hanya ditonton warga Indonesia saja, tapi juga luar negeri,” katanya, Rabu (3/8/2022).

Baca: Museum Kretek Kudus jadi Lokasi Syuting Film Gadis Kretek, Ada Arya Saloka

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus Mutrikah juga menyambut baik hal tersebut.

Menurutnya, ketika film serial yang dibintangi artis ternama itu telah tayang, otomatis juga akan memberi keuntungan bagi Museum Kretek.

”Museum Kretek yang dijadikan tempat syuting akan lebih terpromosikan dan daya tarik wisata di Kudus akan lebih menarik lebih banyak lagi wisatawan,” ungkapnya.

Tak hanya keuntugan dalam promosi saja, dalam sisi retribusi pendapatan asli daerah (PAD) yang hilang akibat ditutupnya Museum Kretek selama tiga hari, juga akan diganti.

”Kemarin sudah kami sampaikan tentang adanya PAD, dan mereka (pembuat film, red) sudah sanggup menggantikan selama tutup. Jadi artinya dari sisi promosi ataupun pendapatan kami diuntungkan,” jelasnya.

Baca: Novel Gadis Kretek Dijadikan Sebuah Film, Dibintangi Dian Sastro dan Putri Marino

Sebagai informasi, Film Gadis Kretek produksi Netflix tersebut dibintangi aktris dan aktor ternama, seperti Arya Saloka, Dian Sastrowardoyo, Putri Marino, hingga Ario Bayu.

Gadis Kretek merupakan film serial yang diadaptasi dari novel karya Ratih Kumala yang terbit pada tahun 2012.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...