Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Ingin Tambah BLT Buruh Rokok jadi Enam Bulan

Pekerja rokok di PR Sukun Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus, Jawa Tengah, HM Hartopo menginginkan jumlah pencairan bantuan langsung tunai (BLT) buruh rokok Kudus tahun 2022 ditambah menjadi enam bulan. Sebelumnya pencairan BLT buruh rokok dilakukan sebanyak empat kali.

Hartopo mengatakan, penambahan jumlah pencairan tersebut bisa dianggarkan di Perubahan APBD tahun 2022 mendatang. Masing-masing penerima BLT akan kembali dikucuri bantuan Rp 300 ribu per bulannya.

”Kalau yang empat bulan kan sudah dianggarkan di APBD 2022, nah kalau yang tambahan dua bulan itu penganggarannya bisa dimasukkan ke (APBD) perubahan 2022, penerimanya juga sama nanti,” ujar Hartopo Rabu (3/8/2022).

Dia menambahkan, untuk pencairan tahap pertama akan dilakukan bulan Agustus ini. Pencairannya akan dilakukan setelah Bank Jateng selesai membuatkan virtual account untuk para penerima.

”Langsung dua kali pencairan sehingga mendapatkan Rp 600 ribu,” pungkasnya.

Baca: Pencairan BLT Buruh Rokok Kudus Tunggu Virtual Account

Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kudus Agustinus Agung Karyanto menambahkan, jadi atau tidaknya kebijakan tersebut akan disesuaikan dengan hasil pembahasan Perubahan APBD 2022 mendatang.

”Iya memang ada wacana tersebut namun saat ini belum ada pembahasan, yang sudah pasti memang jumlah penerima sama dan mereka akan tetap diverifikasi kembali,” tandas Agung.

Sebagai informasi, alokasi DBHCHT yang diterima Pemkab Kudus pada tahun 2022 sebesar Rp 174,23 miliar. Kemudian ditambah silpa tahun 2021 lalu sebesar Rp 117,01 miliar. Sehingga total anggaran tahun ini sebesar Rp 291,24 miliar.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...