Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pencairan BLT Buruh Rokok Kudus Tunggu Virtual Account

Pencairan BLT Buruh rokok yang bersumber dari DBHCHT Pemkab Kudus beberapa waktu lalu (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pencairan bantuan langsung tunai (BLT) buruh rokok di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah kini tinggal menunggu pembuatan virtual account dari Bank Jateng selaku penyalur BLT.

Ketika semua daftar penerima sudah memiliki VA tersebut, maka pencairan akan segera dilaksanakan.

”Tinggal menunggu saja ini sebenarnya, kalau sudah semua baru dicairkan,” ucap Kepala Dinas Sosial P3AP2KB Kudus Agustinus Agung Karyanto, Rabu (3/8/2022).

Pemkab Kudus lanjut Agung, akan memberikan BLT buruh rokok kepada sekitar 43.500 penerima. Masing-masing dari mereka akan menerima bantuan senilai Rp 300 ribu per bulan selama empat bulan.

”Untuk pencairan akan dirapel per dua bulan, jadi mereka akan mendapat Rp 600 ribu di tiap pencairan,” sambungnya.

Baca: 63 Ribu Buruh Rokok di Kudus Bakal Terima BLT DBHCHT

Agung menambahkan, selain Pemkab Kudus, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan mencairkan BLT Buruh Rokok termasuk kepada buruh rokok di Kudus.

”Kalau Pemprov akan mencairkan kepada 24.793 orang buruh rokok Kudus, ada yang masyarakat Kudus ada juga yang masyarakat luar Kudus namun bekerja sebagai buruh rokok di Kabupaten Kudus,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah penerima BLT buruh rokok di Kabupaten Kudus pada tahun 2021 lalu adalah sebanyak 60.129 orang buruh rokok.

Adapun rinciannya adalah sebanyak 38.186 orang menerima BLT buruh rokok melalui Pemkab Kudus, sementara 21.943 buruh rokok sisanya, menerima BLT buruh rokok dari Pemprov Jawa Tengah. Masing-masing penerima, menerima bantuan uang sebesar Rp 600 ribu.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...