Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Digelar Agustus, Begini Teknis Lelang Jabatan Pemkab Kudus

Ilustrasi: Pelantikan PNS Pemkab Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, segera menggelar lelang jabatan delapan kepala dinas yang saat ini kosong. Lelang jabatan akan digelar pada bulan Agustus 2022 ini.

Kepala Bidang Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Hendro Muswinda menyampaikan, pemerintah daerah sebelumnya akan membentuk panitia seleksi (Pansel). Merek, akan memandu sejumlah tahapan proses lelang jabatan.

Tahapan pertama adalah pengumuman pendaftaran di mana pelamar sudah bisa mulai mendaftar. Setelah mendaftar, pelamar akan menjalani sejumlah tahapan tes. Mulai dari administrasi, assessment di Mabes Polri, penelusuran rekam jejak, makalah dan presentasi.

”Bupati Kudus nanti juga memiliki kuasa untuk menambahkan tes wawancara kepada mereka yang melamar,” kata Hendro, Rabu (3/8/2022).

Setelah melalui rangkaian tersebut, panitia seleksi akan merekomendasikan tiga nama kepada bupati untuk kemudian direkomendasikan kembali ke KASN.

”Setelah turun, bupati punya kewenangan untuk menunjuk satu dari tiga nama tanpa memandang peringkat tesnya,” pungkas dia.

Baca: Bupati Kudus Janji Jabatan Kepala Dinas Kosong Segera Dilelang

Sebelumnya, Bupati Kudus HM Hartopo menjanjikan pengisian sembilan jabatan kepala dinas dilakukan secepatnya.

Hartopo mengatakan, pemerintah daerah telah mengajukan kepada KASN untuk melaksanakan lelang jabatan kepala dinas. Setelah izin tersebut keluar, maka akan dilakukan sesegera mungkin.

Baca: Sembilan Jabatan Kepala Dinas di Kudus Kosong, Tiga Pejabat Merangkap

Hartopo pun memastikan pelaksanaannya nanti akan dilakukan sesuai regulasi yang ada. Dia juga memastikan tidak akan ada lagi jual beli jabatan dalam proses tersebut.

”Kami pastikan itu tidak terjadi lagi, apa dan siapa yang ditunjuk nanti akan murni dari kemampuan para pelamar,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...