Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Soto Kletuk, Kuliner Khas Blora yang Rasanya Rame dan Maknyus

Soto Kletuk, Kuliner Khas Blora yang Rasanya Rame dan Maknyus
Foto: Soto kletuk khas Blora (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

MURIANEWS, Kudus – Mencicipi kuliner khas merupakan salah satu hal yang dilakukan saat berkunjung ke suatu daerah. Demikian, pula ketika dolan ke Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Selain memiliki banyak destinasi wisata, Kabupaten Blora juga punya beragam kuliner khas. Salah satunya adalah soto kletuk.

Jika dilihat sepintas, racikan soto kletuk sama seperti soto pada umumnya dengan kuah berwarna kecoklatan. Adapun yang bikin beda adalah kuah tersebut kemudian dicampur dengan potongan ketela pohon.

Baca juga: Ini Cara Mudah Bikin Soto Betawi yang Bisa Dicoba di Rumah

Sudah diiris berbentuk seperti dadu mainan berukuran kecil-kecil dan teksturnya padat. Sehingga jika dikunyah akan menimbulkan suara ”tuk”.

Ada beberapa tempat yang berjualan soto kletuk di Blora. Salah satu warung yang bisa dijadikan tujuan adalah Soto Kletuk Mbah Gowak. Jika dilihat di google map letaknya beradi di Jalan Gunung Lawu. Warungnya merupakan rumah yang dibikin tempat usaha dan lokasinya berada di linggir jalan.

Ciri khas Soto Kletuk adalah kuahnya yang bening. Kemudian suwiran ayam menggunakan daging ayam kampung. Kuah dari soto kletuk juga berasal langsung dari kaldu ayam. Kemudian diberikan bumbu sehingga rasanya lebih kuat.

”Semakin banyak brambang semakin enak. Kuahnya langsung dari kaldu,” kata Susi, penjual soto kletuk, seperti dikutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id.

Untuk proses pembuatan ketela pohon itu ditumbuk terlebih dahulu. Sehingga menjadi gemblong tawar. Setelah itu diiris dan dijemur sebelum digoreng.

”Ketela pohon ditumbuk. Jadi gemblong tawar. Prosesnya diiris, dijemur kotak, terus digoreng. Biar hasilnya maksimal,” sambungnya.

Di warung ini juga disajikan beragam lauk-lauk tambahan. Warung soto Kletuk Mbah Gowak saat ini dijalan generasi kedua. Menurut Susi, zaman dulu, untuk menjajakan Soto Kletuk masih dipikul. Dan pernah berjualan di sekitar alun-alun blora.

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Comments
Loading...