Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Mobil Anda Boros Bensin? Bisa Jadi Ini Salah Satu Penyebabnya

Mobil Anda Boros Bensin? Bisa Jadi Ini Salah Satu Penyebabnya
Mobil Anda Boros Bensin? Bisa Jadi Ini Salah Satu Penyebabnya

MURIANEWS, Kudus – Banyak pemilik mobil yang merasa kendaraannya boros bensin atau bahan bakar. Padahal, mobil itu tidak dipakai untuk berkendara jarak jauh dan sebelumnya juga sudah diisi bensin.

Kondisi mobil boros bensin ini tentunya merepotkan. Misalnya, kalau sampai kehabisan bensin di tengah perjalanan dan jauh dari SPBU.

Mobil yang makan banyak bensin disisi lain juga bisa bikin tekor. Terlebih, dengan adanya kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu yang bisa berdampak bertambahnya pengeluaran buat beli bensin.

Baca juga: Ini Penyebab Bluetooth Mobil Tidak Terdeteksi dan Cara Mengatasinya

Lantas, apa penyebab mobil boros bensin? Melansir dari Auto2000, berikut beberapa penyebab mobil boros bensin.

1. Ban Kekurangan Angin

Ban mobil yang kekurangan angin dapat menyebabkan mobil boros bensin. Ban yang kekurangan angin membuat mesin harus bekerja lebih keras untuk dapat berjalan. Pada akhirnya mesin yang bekerja lebih keras akan memakan bahan bakar yang juga lebih banyak.

2. Penggunaan Ban Tidak Sesuai Standar

Penggunaan ban yang tidak sesuai standar alias sudah dimodifikasi juga bisa menjadi penyebab mengapa mobil menjadi boros bensin. Hal ini terjadi karena Anda menggantinya dengan ukuran ban yang lebih besar atau lebih kecil.

Penggunaan ban yang terlalu besar berdampak pada bertambahnya beban gesek. Bahkan mesin mobil juga bekerja lebih keras dari sebelumnya untuk memutar ban. Tidak heran kalau akhirnya bensin yang baru saja diisi selalu habis dalam waktu singkat. Sangat tidak disarankan untuk melakukan modifikasi agar kendaraan dapat berfungsi dengan maksimal.

3. Oli Tidak Diganti

Oli yang sudah terlalu lama digunakan bukan hanya merusak mesin, tetapi juga membuat konsumsi bahan bakar lebih banyak dari sebelumnya. Mengapa oli lama dapat merusak mesin? Alasannya karena oli lama sudah tidak bisa melumasi mesin dengan baik. Oli yang seharusnya memberikan keringanan justru tidak berfungsi dan hanya memperberat pekerjaan mesin mobil.

4. Mengemudi secara Agresif

Cara Anda mengemudi dapat menyebabkan mobil menjadi boros bensin. Mengemudi dengan sembarangan dan menghantam polisi tidur tentu akan membuat bahan bakar menjadi lebih cepat habis. Hal ini dikarenakan mesin perlu bekerja lebih keras sehingga akan menarik bensin lebih banyak.

5. Menggunakan BBM yang Tidak Tepat

Pemilihan bahan bakar menjadi penyebab lainnya yang jarang diketahui. Kenaikan harga salah satu jenis BBM membuat masyarakat beralih ke BBM yang harganya lebih murah. Masyarakat lebih fokus terhadap harga yang mereka keluarkan dibandingkan oktan BBM yang digunakan.

Padahal seharusnya mobil menggunakan BBM yang memiliki oktan 95. Penggunaan yang jauh lebih rendah dari oktan 95 akan membuat tarikan mesin menjadi lebih berat. Akibatnya konsumsi bensin pun akan lebih banyak dari biasanya.

6. Jarang Service

Mobil Anda jarang diservice? Inilah yang menjadi alasan mengapa bensin mobil habis begitu cepat. Semua permasalahan yang sudah disebutkan di atas seharusnya bisa dicegah jika Anda membawa mobil untuk diservice.

Para teknisi pasti akan mengecek dan memperhatikan seluruh mesin mobil Anda dengan saksama. Setiap komponen yang kotor pasti akan dibersihkan. Bahkan setiap komponen yang tidak layak pakai akan diganti agar mobil Anda berada dalam keadaan baik.

7. Usia Mobil yang Sangat Tua

Selanjutnya mobil yang berusia sangat tua menjadi penyebab mengapa konsumsi bensin besar. Mobil keluaran lama berpotensi tidak memiliki teknologi injeksi yang canggih seperti saat ini. Mobil keluaran baru tentu lebih dilengkapi dengan teknologi canggih supaya semua kinerja mesin menjadi lebih efisien dan maksimal.

Ciri Mobil Anda Boros Bensin

Tidak yakin apakah mobil Anda boros bensin atau tidak? Ada beberapa ciri atau karakteristik yang bisa Anda perhatikan.

1. Sulit Menginjak Pedal

Tarikan mobil mendadak sulit dan keras? Ini bisa menjadi ciri bahwa mobil Anda boros bensin. Pedal gas yang keras berarti membutuhkan tenaga lebih banyak untuk menginjaknya. Makin dalam pedal gas diinjak, makin banyak juga bensin yang digunakan.

2. Sering Mengisi Bensin

Bensin terus habis padahal hanya digunakan untuk jarak yang tidak terlalu jauh? Atau bahkan harus selalu ke SPBU setiap pemakaian? Sering mengisi bensin sangat menunjukkan bahwa mobil Anda boros bahan bakar.

Cara Mengatasi Mobil Boros Bensin

Mobil yang boros bensin tentu tidak dapat dibiarkan saja. Anda tidak bisa lagi membiarkan pengeluaran bensin yang membengkak. Langsung saja perhatikan beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini.

Mengemudi dengan Baik

Cobalah untuk mengemudi dengan penuh tanggung jawab dan waspada. Selain itu Anda juga perlu berhati-hati serta tidak mengebut di jalanan.

Bawalah mobil dalam kecepatan rendah saat melewati polisi tidur dan kubangan agar mesin mobil tidak rusak. Membawa mobil dalam kecepatan rendah juga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Tidak Melakukan Modifikasi

Mobil yang Anda beli sudah dilengkapi dengan komponen terbaik yang dirancang khusus untuk dapat bekerja maksimal. Oleh karena itu Anda sebenarnya tidak perlu melakukan modifikasi.

Mobil yang dimodifikasi tidak selalu membuatnya bekerja lebih baik. Justru modifikasi secara tidak langsung akan membuat beberapa komponen bekerja lebih keras. Bahkan modifikasi dapat memperpendek usia komponen mesin mobil.

Service Mobil Berkala

Jika sebelumnya Anda jarang melakukan service berkala maka ini waktu yang tepat untuk memulainya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...