Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Penyebab Bluetooth Mobil Tidak Terdeteksi dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Bluetooth Mobil Tidak Terdeteksi dan Cara Mengatasinya
Foto: Ilustrasi (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Perangkat bluetooth merupakan salah satu cara untuk menghubungkan handphone dengan head unit mobil. Melalui jaringan ini, kita bisa memutar lagu dan mengetahui panggilan telepon saat berkendara.

Meski demikian, terkadang ada beberapa masalah dalam koneksi bluetooth. Antara lain, gangguan signal hingga bluetooth tidak terdeteksi atau terbaca di head unit.

Lantas, apa penyebab bluetooth ini tidak terdeteksi dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca juga: Jangan Isi Freon AC Mobil Berlebihan! Ini Dampak yang Bisa Terjadi

Melansir dari Auto2000, penyebab bluetooth mobil tidak terkoneksi bukan hanya berasal dari mobil tetapi bisa saja  juga dari ponsel yang Anda gunakan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa bluetooth mobil tidak terdeteksi.

1. Gangguan Koneksi

Bluetooth merupakan suatu teknologi yang memampukan dua perangkat untuk saling mengirim, menerima, dan meneruskan file. Teknologi ini menggunakan frekuensi yang rendah yakni 2.4 GHz.

Frekuensinya yang rendah membuat proses pengiriman, penerimaan, dan penerusan file tidak bisa dilakukan dalam jarak yang jauh. Bahkan koneksinya dapat terganggu dengan jaringan lain yang berada di dekat perangkat. Jadi gangguan koneksi dapat menjadi penyebab mengapa bluetooth mobil Anda tidak terdeteksi ke ponsel dan begitu juga sebaliknya.

2. Sudah Terhubung dengan Ponsel Lain

Setiap perangkat yang memiliki bluetooth sebenarnya dapat terhubung dengan perangkat apa saja ketika sudah mengaktifkannya. Tetapi berbeda cerita apabila perangkat yang satu sudah terhubung dengan perangkat lainnya.

Kedua perangkat yang sudah terkoneksi tidak dapat terhubung lagi dengan perangkat lain. Jadi penyebab selanjutnya mengapa bluetooth mobil tidak bisa terdeteksi ialah karena sudah terhubung dengan perangkat lain.

Contohnya ponsel B sudah terbiasa terhubung dengan mobil melalui bluetooth maka ponsel A tidak dapat mencari bluetooth mobil.

3. Sistem Bluetooth Belum Dibarui

Layaknya sistem Android atau iOS yang memiliki berbagai versi, sistem bluetooth juga bekerja dengan cara yang sama. Maksudnya teknologi bluetooth saat ini bisa dikembangkan lagi supaya dapat bertukar file lebih cepat dari sebelumnya.

Perangkat bluetooth baru dapat terkoneksi saat memiliki versi yang sama. Jadi apabila versi bluetooth mobil tidak sama dengan perangkat yang ingin dihubungkan maka bluetooth mobil tidak akan terdeteksi.

Cara Mengatasi Masalah Koneksi Bluetooth Mobil

Ketiga penyebab di atas sebenarnya bukan masalah besar. Anda bisa mengatasinya dengan mudah melalui beberapa cara berikut ini.

Cek Mode Discover

Masalah koneksi tidak hanya ada di bluetooth mobil tetapi juga bisa disebabkan oleh bluetooth ponsel Anda. Jadi sebagai langkah pertama, Anda bisa memastikan apakah mode discoverable sudah dimatikan. Pastikan bahwa kedua perangkat sama-sama bisa dideteksi supaya koneksi bluetooth berhasil.

Restart Bluetooth Ponsel dan Mobil

Cara pertama tidak berhasil? Anda bisa mencoba melakukan restart dengan mematikan koneksi bluetooth kedua perangkat, lalu nyalakan kembali. Tunggulah beberapa menit sebelum menyalakan koneksi bluetooth kembali.

Jika masih tidak terdeteksi, Anda bisa mencoba pada perangkat elektronik yang lain untuk memastikan akar permasalahannya. Saat perangkat lain bisa terkoneksi dengan bluetooth mobil maka bisa dipastikan bahwa masalah berada di ponsel Anda.

Hapus Koneksi Lama

Anda juga bisa mencoba membuang koneksi yang pernah terhubung di bluetooth mobil. Umumnya setiap perangkat yang pernah terkoneksi ke bluetooth mobil akan terlacak dalam sistem.

Jadi Anda bisa membuang koneksi yang terlacak di mobil, kemudian cobalah menghubungkannya lagi. Berikan waktu beberapa menit sebelum akhirnya Anda menyambungkan koneksi bluetooth ponsel ke mobil.

Pastikan Ponsel Anda Memiliki Cukup Daya

Terakhir, pastikan ponsel atau perangkat lainnya yang ingin Anda hubungkan ke bluetooth mobil memiliki cukup daya. Maksudnya perangkat elektronik tersebut tidak boleh berada pada keadaan low battery.

Keadaan seperti ini biasanya membuat koneksi bluetooth tidak bisa bekerja optimal. Pasangkan ponsel Anda dengan daya terlebih dahulu lalu coba hubungkan kembali.

Demikian cara mengatasi bluetooth mobil tidak terdeteksi di perangkat lainnya. Kesalahan dapat terjadi pada kedua perangkat baik ponsel maupun mobil. Jadi Anda dapat memastikan terlebih dahulu mana yang bermasalah lalu coba beberapa cara di atas untuk mengembalikan fungsi bluetooth. Namun bisa saja penanganan antar mobil satu dengan yang lainnya bisa berbeda.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...